Analisi hukum islam terhadap tindakan ibu menitipkan anak ke panti asuhan: studi Kasus di Kabupaten Kepulauan Sula Kecamatan Sanana Maluku Utara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhria, Aminatus (2023) Analisi hukum islam terhadap tindakan ibu menitipkan anak ke panti asuhan: studi Kasus di Kabupaten Kepulauan Sula Kecamatan Sanana Maluku Utara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aminatus Zuhria_C71218041 OK.pdf

Download (445kB)
[img] Text
Aminatus Zuhria_C71218041 Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan mengapa ibu menitipkan anak ke panti asuhan?, bagaimana analisis hukum Islam terhadap tindakan ibu yang menitipkan anak ke panti asuhan tersebut?.Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yakni data mengenai wawancara dengan seorang ibu (bu Mawar), seorang anak (anak ke-2) bu Mawar, seorang pengasuh panti asuhan Khadijah II, dan pengurus panti asuhan khadijah II Surabaya, selanjutnya digunakan pula data data sekunder berupa peraturan perundang-undangan, buku, dan jurnal terkait. Dengan teknik pengolahan data wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dipaparkan, dan dianalisis secara deduktif untuk menghasilkan suatu kesimpulan.Hasil penelitian ini menghasilkan dua kesimpulan. Pertama, Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab ibu Mawar menitipkan anaknya di panti asuhan. Faktor yang menjadi penyebab utama adalah karena kematian suaminya. Setelah kematian suami ibu Mawar, beliau merasa sudah tidak mampu untuk membagi waktu antara pekerjaan dan mengurus anak, beliau juga merasa tidak cukup dalam hal perekonomian dikarenakan beliau orangtua tunggal yang mencari nafkah sendiri sejak kepergian suaminya. Di samping itu, beliau mempunyai idealisme yang tinggi untuk pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Kedua, hukum Tindakan ibu Mawar yang menitipkan anak-anaknya ke panti asuhan karena alasan tidak mampu dan agar anak-anaknya mendapatkan pendidikan yang terbaik adalah tidak sesuai. Karena anak juga memiliki hak untuk mendapatkan pengawasan, perlindungan, dan kasih sayang orang tua kandung. Dalam kasus yang diteliti beliau benar-benar menyerahkan sepenuhnya hak hadanah nya kepada panti asuhan Kepada para orang tua sebaiknya lebih mempertimbangkan mengenai pengasuhan anak, sebab anak yang masih di bawah umur lebih membutuhkan rasa kasih sayang dan ingin lebih dekat serta dilindungi oleh orang tua kandungnya. Menurut saran penulis, lebih baik mengutamakan pengasuhan anak di bawah orangtua kandung sebab madrasah dan lingkungan terbaik untuk tumbuh kembang anak adalah dari orangtua mereka, sekolah merupakan madrasah kedua yang mendukung untuk menyalurkan bakat anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhria, Aminatusaminatuszuhria71299@gmail.comC71218041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusarrofah, Itaitaisme@gmail.com2001087901
Subjects: Adopsi
Panti Asuhan
Anak > Pengangkatan Anak
Keywords: Panti asuhan; pengasuhan anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: aminatus zuhria
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:27
Last Modified: 14 Dec 2023 01:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66701

Actions (login required)

View Item View Item