Akuntabilitas penyajian laporan keuangan berdasarkan ISAK no. 35 dengan perspektif maqashid syariah: studi kasus pada Yayasan Panti Asuhan Khusnul Yaqin Wage

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Murtosyiah, Dewy Titik (2023) Akuntabilitas penyajian laporan keuangan berdasarkan ISAK no. 35 dengan perspektif maqashid syariah: studi kasus pada Yayasan Panti Asuhan Khusnul Yaqin Wage. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewy Titik Murtosyiah_G92219085 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dewy Titik Murtosyiah_G92219085.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyajian laporan keuangan pada Yayasan Panti Asuhan Khusnul Yaqin berdasarkan ISAK No.35 dan berusaha untuk mengkolaborasikan prinsip akuntabilitas dengan konsep maqashid syariah. Penulis dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan wawancara dan dokumen dengan melihat langsung laporan keuangan yang telah disajikan oleh pengurus yayasan. Wawancara di Yayasan Panti Asuhan Khusnul Yaqin Wage dilakukan terhadap pengurus yayasan yang terdiri dari ketua, sekretaris, dan bendahara yayasan, serta beberapa donatur yayasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengurus yayasan belum melakukan pencatatan berdasarkan ISAK No. 35 dikarenakan standar tersebut diakui belum pernah didengar dan diperkenalkan pada pengurus yayasan. Terkait dengan akuntabilitas penyajian laporan keuangan yayasan, pengurus yayasan sudah melaksanakan akuntabilitas sesuai prinsip maqashid syariah dengan baik sesuai dengan lima prinsip dalam konsep maqashid syariah yaitu hifdz ad-din, hifdz an-nas, hifdz al-aql, hifdz al-mal, dan hifdz an-nasb meskipun terdapat beberapa kendala yang masih perlu dibenahi agar menghasilkan akuntabilitas yang lebih baik lagi kedepannya. Penelitian ini memberikan rekomendasi pada panti asuhan untuk mampu menyajikan laporan keuangan yang sesuai standar akuntansi yang berlaku dan meningkatkan akuntabilitas pada aspek transparansi secara terbuka mengenai pengelolaan dana seperti dengan menyediakan fasilitas seperti madding/papan pengumuman sebagai media untuk menyampaikan laporan keuangan yayasan atau bisa juga dipublikasikan melalui website yang dimiliki yayasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Murtosyiah, Dewy Titikdewytitikm@gmail.comG92219085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLating, Ade Irma Suryaniade.irma@uinsby.ac.id199110012019032020
Subjects: Akuntansi
Kebijakan Publik
Keywords: Akuntabilitas; laporan keuangan; ISAK No. 35; maqashid syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Dewy Titik Murtosyiah
Date Deposited: 06 Dec 2023 04:07
Last Modified: 06 Dec 2023 04:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66710

Actions (login required)

View Item View Item