Analisis selisih kumandang azan antara jadwal waktu salat Radio Yasmara dan Radio Suara al Iman dengan jadwal waktu salat ephemeris

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizzah, Iffa Nur (2023) Analisis selisih kumandang azan antara jadwal waktu salat Radio Yasmara dan Radio Suara al Iman dengan jadwal waktu salat ephemeris. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iffa Nur Faizzah_C96219043.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Iffa Nur Faizzah_C96219043_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 December 2026.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “studi komparasi antara jam waktu salat Radio Yasmara dan Radio Suara Al-Iman dengan metode ephemeris” yang bertujuan menjawab pertanyaan yang tertuang dalam rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana awal waktu salat menurut Radio Yasmara Surabaya dan Radio Suara Al-Iman?, dan 2)Bagaimana kesesuaian awal waktu salat menurut Radio Yasmara Surabaya dan Radio Suara Al-Iman dengan awal waktu salat metode ephemeris? Skripsi ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat lapangan (field research), metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara, dokumentasi dan observasi. Sumbet data primer dari penelitian ini adalah jadwal salat Radio Yasmara, jadwal salat Radio Suara Al-Iman, website Bimas Islam Kemenag RI dan data-data yang berkaitan dengan perhitungan awal waktu salat. Sedangkan sumber data sekunder penelitian ini ialah buku-buku, karya ilmiah dan website yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menghasilkan dua temuan, yaitu pertama mengenai jadwal waktu salat yang digunakan oleh Radio Yasmara diperoleh dari Depag atau Kemenag Kota Surabaya dan jadwal waktu salat yang digunakan oleh Radio Suara Al-Iman diperoleh dari website Jadwalsalat.org. Kedua hasil observasi uji akurasi yang dilakukan penulis melihat adanya selisih. Adapun selisih awal waktu salat Radio Yasmara dan Radio Suara Al-Iman masing-masing memiliki selisih 1 sampai 3 menit lebih lamban dari awal waktu salat metode ephemeris, selisih waktu ini masih dikategorikan dalam waktu fadhilah. Adapun selisih waktu salat yang mencapai puluhan menit misalnya pada tanggal 26 Mei saat salat zuhur Radio Yasmara memiliki selisih 11 menit lebih lamban, sedangkan pada tanggal 18 Mei 2023 saat salat zuhur Radio Suara Al-Iman memiliki selisih 11 menit lebih lamban dan pada tanggal 25 Mei 2023 saat salat zuhur Radio Suara Al-Iman memiliki selisih 36 menit lebih lamban yang termasuk pada waktu ikhtiyar. Adapun waktu salat yang tidak sah yaitu melaksanakan salat sebelum masuknya waktu salat. Misalnya awal waktu salat zuhur, asar, magrib, isya dan subuh pada Radio Yasmara memiliki selisih 1 – 3 menit lebih cepat dari metode ephemeris. Sedangkan pada Radio Suara Al-Iman saat awal waktu salat zuhur, asar, magrib dan isya memiliki selisih -1 menit lebih cepat dan awal waktu salat subuh memiliki selisih -7 menit lebih cepat. Berdasrkan ilmu fikih sebab tidak sahnya salat yakni melaksanakan salat sebelum waktunya, hal ini yang menyebabkan hilangnya fadhilah salat karena melaksanakan salat sebelum waktunya, maka salatnya dianggap tidak sah, yang termasuk dalam waktu Tahrim (haram).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizzah, Iffa Nuriffafaizzah76@gmail.comC962219043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Adiadidamanhuri@uinsby.ac.id0301118605
Subjects: Radio - Penyiaran
Salat
Falak
Keywords: Waktu salat; Radio Yasmara; Radio al Imam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Iffa Nur Faizzah
Date Deposited: 11 Dec 2023 02:49
Last Modified: 11 Dec 2023 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66713

Actions (login required)

View Item View Item