Konsep fitrah manusia dalam al Qur’an dan implikasinya terhadap pendidikan anak: studi tafsir surah ar Rum ayat 30

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Toriq, Muhammad (2023) Konsep fitrah manusia dalam al Qur’an dan implikasinya terhadap pendidikan anak: studi tafsir surah ar Rum ayat 30. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Toriq_D01218036.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Muhammad Toriq_D01218036_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 December 2026.

Download (3MB)

Abstract

Konsep fitrah memandang adanya suatu potensi atau kemampuan dasar dalam diri seorang anak. Sehingga melalui pendidikan, kemampuan atau potensi dasar pada anak tersebut dapat diarahkan dan dikembangkan sesuai dengan nilai-nilai Islam. Pendidikan anak dalam Islam berkaitan erat dengan pendidikan Islam, di mana pendidikan Islam berperan sebagai paduan dalam membesarkan anak secara rohani dan jasmani sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini adalah penelitian library research yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Kemudian pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan diolah dengan teknik analisis isi. Sumber primer penelitian ini, adalah tafsir Al-Misbah, tafsir As-sa’di, tafsir Ibnu Katsir, tafsir At-Thabari dan didukung dengan buku-buku dan jurnal-jurnal lain. Dari konsep fitrah beberapa mufassir dalam Surah Ar-Rum ayat 30 memahami, bahwa fitrah yang dimaksud adalah fitrah agama Islam, yakni fitrah yang telah ditiupkan oleh Allah atas kejadian manusia sebelum ia dilahirkan. Karena dalam pandangan Allah jalan lurus seperti banyak disinggung dalam al-Qur’an maksud dari fitrah itu ialah agama Islam. Fitrah memiliki implikasi terhadap pendidikan anak karena dengan memngetahui fitrah anak, orang tua maupun pendidik dapat menentukan proses pendidikan yang tepat untuk pembentukan karakter anak, baik dari penentuan tujuan, metode pembelajaran maupun lingkungan pembelajaran yang efektif terhadap anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Toriq, Muhammad--D01218036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorAbitholkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Fitrah; pendidikan anak; tafsir al Qur’an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Toriq
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:20
Last Modified: 19 Dec 2023 01:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66720

Actions (login required)

View Item View Item