Analisis kelayakan pembiayaan produk gadai emas dalam good corporate governance perspektif syariah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Surabaya Manukan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamilah, Athia Nur (2023) Analisis kelayakan pembiayaan produk gadai emas dalam good corporate governance perspektif syariah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Surabaya Manukan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Athia Nur Kamilah_G94219137 Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Athia Nur Kamilah_G94219137 OK.pdf

Download (477kB)

Abstract

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang cenderung menggunakan analisis terhadap fenomena terkait subjek penelitian, seperti perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain sebagainya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan di Bank Syariah Indonesia KCP Surabaya Manukan, laporan keuangan, laporan Good Corporate Governance BSI, dan teori pendukung lainnya. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank menerapkan 3 dari 5 indikator analisis kelayakan pembiayaan produk gadai. Penilaian khusus dilakukan pada faktor Character yakni sifat nasabah, Capacity atau kapasitas nasabah dalam melunasi pembiayaan, dan Colleteral atau penilaian terhadap barang jaminan emas yakni dengan tiga metode: Uji Fisik, Uji Kimia dan Uji Berat Jenis. Sedangkan pada penilaian capital dan condition of economy tidak digunakan. Kemudian pada penerapan Good Corporate Governance prespektif Syariah di Bank Syariah Indonesia KCP Manukan belum sesuai antara teori dan kenyataan di lapangan. Adapun aspek Good Corporate Governance yang telah diterapkan yakni Transparansi informasi gadai emas kepada nasabah, Pertanggung jawaban operasional gadai emas yang telah sesuai dengan ketentuan UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas UU No 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal serta Fatwa DSN nomor: 25/DSN-MUI/III/2002 tentang Rahn, dan kewajaran atau kesetaraan staf gadai emas dalam melayani nasabah menggunakan Islamic Ultimate Service. Sedangkan pada aspek Akuntabilitas dan Professional masih belum dilaksanakan secara maksimal dikarenakan staf gadai belum mendapatkan pelatihan khusus gadai emas padahal SK untuk menjadi staf gadai emas telah turun. Ketidakmaksimalan kemampuan staf gadai dapat berisiko bagi bank.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamilah, Athia Nurakamilah22@gmail.comG94219137
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPratikto, Muhammad Iqbal Suryam.iqbal@uinsby.ac.id--
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Gadai Emas; Analisis Kelayakan Pembiayaan; Good Corporate Governance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: S.E Athia Nur kamilah
Date Deposited: 12 Dec 2023 01:14
Last Modified: 12 Dec 2023 01:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66730

Actions (login required)

View Item View Item