Usaha industri kerajinan sepatu sandal dalam meningkatkan perekonomian pengrajin di Desa Wedoro Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lucita, Nadia Prima (2023) Usaha industri kerajinan sepatu sandal dalam meningkatkan perekonomian pengrajin di Desa Wedoro Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadia Prima Lucita_G91218086 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Nadia Prima Lucita_G91218086.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam proporsi ekonomi, Indonesia dapat digolongkan sebagai negara industri karena sektor ini telah berkontribusi di perekonomian nasional lebih dari 20%. Salah satu contoh kabupaten yang terkenal sebagai UKM dan memiliki peran sekunder terhadap total PDRB yaitu Kabupaten Sidoarjo. Salah satu produk unggulannya ialah produk alas kaki. Pada tahun 2018, diketahui bahwa Indonesia berkontribusi sebesar 4,61% dari total produksi di dunia dengan jumlah produksi sebanyak 1,41 miliar pasang sepatu, yang menjadikan Indonesia sebagai peringkat ke-4 penghasil sepatu sandal di dunia setelah China, India dan Vietnam. Salah satu industri kecil penghasil sepatu sandal berada di Kecamatan Waru tepatnya di Desa Wedoro. Skripsi dengan judul “Usaha Industri Kerajinan Sepatu Sandal Dalam Meningkatkan Perekonomian Pengrajin Di Desa Wedoro Kabupaten Sidoarjo”, bertujuan untuk mengetahui bagaimana usaha industri kerajinan sepatu sandal dalam meningkatkan perekonomian para pengrajin Di Desa Wedoro Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian deskriptif, melalui pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan beberapa pihak terkait seperti Kepala Desa Wedoro beserta pengrajin sepatu sandal di Desa Wedoro.Hasil yang didapat dalam penelitian ini berkaitan dengan usaha industri dalam mempertahankan eksistensinya dan dampak pada ekonomi para pengrajin. Dalam mempertahankan eksistensinya industri kerajinan sepatu sandal diperlukan tenaga kerja yang memadai, keterampilan, konsisten, relasi dan modal sehingga rata-rata usaha industri disini sudah ada sejak lama dan menjadi usaha turun temurun. Industri sepatu sandal ini dapat berdampak pada perekonomian para pengrajinnya sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka. Namun pada tahun 2020-2022 industri ini tidak dapat dikategorikan dalam meningkatkan perekonomian, hal ini dapat dilihat dari menurunnya produksi yang berdampak pada pendapatan, hanya 37,5% dari mereka yang dapat menabung dan ada pula beberapa orang yang menjual asset mereka. Adapun saran yang dapat diberikan untuk pemerintah dalam penelitian ini yaitu diharapkan pemerintah dapat memberi pelatihan terkait pengembangan dan teknologi, sedangkan untuk pengrajin sepatu sandal diharapkan dapat terus konsisten dan terampil dalam mengikuti jaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lucita, Nadia Primanadiaprima70@gmail.comG91218086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHimami, Fatikulfatikul@uinsby.ac.id2023098002
Subjects: Ekonomi
Industri RumahTangga
Industri Kecil
Keywords: Industri kerajinan; perekonomian; pengrajin
Depositing User: Nadia Lucita
Date Deposited: 12 Dec 2023 05:56
Last Modified: 12 Dec 2023 05:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66734

Actions (login required)

View Item View Item