Pengembangan administrasi berbasis digital payment dalam meningkatkan akuntabilitas di Pondok Pesantren al Amien Prenduan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholifah, Nova Nurul (2023) Pengembangan administrasi berbasis digital payment dalam meningkatkan akuntabilitas di Pondok Pesantren al Amien Prenduan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nova Nurul Kholifah_D93219093.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nova Nurul Kholifah_D93219093_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 December 2026.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif dan studi kasus. Pengumpulan data yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan administrasi berbasis digital payment di pondok pesantren Al-Amien Prenduan berupa terciptanya sebuah sistem pembayaran dengan metode online payment dengan sistem berbasis komputer dalam membantu tugas administrator berupa membuat perencanaan keuangan, budgeting atau angaran keuangan, pengelolaan keuangan, pencarian dana keuangan, mengatur keuangan, penyimpanan keuangan, dan pemeriksaan keuangan. Akuntabilitas pada pengembangan administrasi berbasis digital payment dilakukan dengan media informasi berupa aplikasi AFS (Al-Amien Financial System) yang merupakan bentuk akuntabilitas internal dari petugas terhadap pimpinan dan struktural pondok pesantren, dan aplikasi SAS (Sistem Administrasi Santri) merupakan bentuk akuntabilias dari pondok kepada pihak eksternal yakni orang tua atau walisantri. Selain itu bentuk akuntabilitas keuangan juga disampaikan oleh pimpinan pada acara rapat hiwari bersama orang tua yang diadakan setiap enam bulan sekali. Faktor pendukung dari pengembangan administrasi berbasis digital payment ialah meningkatkan efisiensi dalam proses administrasi termasuk pengumpulan, pemrosesan serta pelaporan data. Mengurangi kesalahan yang dilakukan administrator dalam hal administrasi, sehingga dapat meningkatkan akurasi data dan meminimalkan potensi kesalahan yang terjadi dalam proses administrasi. Keamanan yang tinggi sehingga membantu melindungi informasi sensitif termasuk data keuangan dan pencurian indentitas atau penipuan. Sedangkan faktor penghambatnya secara internal berada pada sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti jaringan internet atau komputer yang sedang dalam perbaikan. Faktor penghambat secara eksternal ialah wali santri yang kurang memahami dan mengikuti perkembangan berdigitalisasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholifah, Nova Nurulnovanurulkholifah@gmail.comD93219093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Subjects: Administrasi
Keywords: Administrasi; sistem pembayaran; akuntabilitas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Nova Nurul Kholifah
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:31
Last Modified: 11 Dec 2023 04:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66749

Actions (login required)

View Item View Item