Fundraising berbasis keagamaan: studi Fenomenologi atas motivasi Filantropi jaringan muslim Boyan untuk masyarakat di pulau Bawean Gresik Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Barakah, Ainun (2022) Fundraising berbasis keagamaan: studi Fenomenologi atas motivasi Filantropi jaringan muslim Boyan untuk masyarakat di pulau Bawean Gresik Jawa Timur. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainun Barakah_F13316069 Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Ainun Barakah_F13316069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Studi ini menfokuskan kajiannya pada masalah fundraising yang digerakkan masyarakat Bawean kepada orang Boyan di Malaysia dan Singapura, serta motivasi pengiriman filantropi dari Orang Boyan ke Pulau Bawean. Disertasi ini menegaskan bahwa relasi antara orang Boyan dan Masyarakat Bawean menjadi penggerak adanya tindakan filantropi ke Pulau Bawean. Ada tiga pertanyaan yang terjawab dalam disertasi ini, yaitu; pertama: Bagaimana mode of relationship Orang Boyan di Malaysia dan Singapura dengan masyarakat Bawean?.Kedua: bagaimana model fundraising berbasis keagamaan di pulau Bawean?. Ketiga, apa motivasi yang menggerakkan muslim Boyan untuk berfilantropi untuk masyarakat Bawean?.Penelitian dalam disertasi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan fenomenologi. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, disertasi ini menggunakan teori capital sosial dalam hal ini urgensi relasi dan networking dan teori motivasi untuk menggali dan mengungkapkan hal-hal yang melatarbelakangi tindakan filantropi dari orang Boyan kepada masyarakat Bawean. Dengan relasi yang terjalin dan indikasi-indikasi dari bentuk pilihan dalam tindakan filantropi diketahui bahwa fenomena filantropi orang Boyan di Malaysia dan Singapura ini didasari oleh relasi kekeluargaan, ilmu keagamaan, primordial dan religiosity. Di mana keempat relasi ini menjadi pijakan dan motivasi orang Boyan dalam berfilantropi. Motivasi mereka adalah meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga, balas budi, primordial dan nilai keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Barakah, AinunInunhalim@gmail.comF13316069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nursama@yahoo.com2007085804
Thesis advisorFauzia, Ika Yunia--0702068201
Subjects: Masyarakat
Keywords: Fundraising; Filantropi; Relationship; Motivasi
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Inun Barakah
Date Deposited: 12 Dec 2023 01:06
Last Modified: 12 Dec 2023 01:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66755

Actions (login required)

View Item View Item