Analisis penyelesaian pembiayaan bermasalah pada pembiayaan akad murabahah: studi kasus Bank BPR Syariah Lantabur Tebuireng KC Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andrianto, Idris (2023) Analisis penyelesaian pembiayaan bermasalah pada pembiayaan akad murabahah: studi kasus Bank BPR Syariah Lantabur Tebuireng KC Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Idris Andrianto_G94219156 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 December 2026.

Download (1MB)
[img] Text
Idris Andrianto_G94219156.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang menjelaskan tentang penyelesaian pembiayaan bermasalah serta faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah di BPRS Lantabur Tebuireng KC Surabaya dalam pembiayaan akad murabahah. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulan data melalui penelitian lapangan (field research) dengan melakukan wawancara dan mengumpulkan data kepada pihak bank terkait dan nasabah yang memiliki pembiayaan bermasalah pada pembiayaan akad murabahah. Data yang yang diperoleh dikumpulkan dan di analisa dengan metode deskriptif analisis dengan pola pikir induktif yaitu data yang didapat dan dikumpulkan melalui wawancara dan pengambilan data yang berkaitan dengan pembiayaan bermasalah dalam akad murabahah. Kesimpulan dari penelitian ini dapat menunjukkan faktor terjadinya pembiayaan bermasalah dan penyelesaian pembiayaan bermasalah serta hambatan penyelesaian pembiayaan brmasalah dalam pembiayaan akad murabahah di BPRS Lantabur Tebuireng KC Surabaya. Penelitian tentang pembiayaan bermasalah di BPRS Lantabur Tebuireng KC Surabaya dengan melakukan diskusi kepada pihak bank dan nasabah lalu dikumpulkan dan disimpulkan agar lebih mudah dipahami oleh pembaca. Hasil dari penelitian ini semoga dapat memberikan gambaran dan memberikan solusi bagi pembaca dalam menyelesaikan pembiayaan bermasalah. Penulis juga memberikan saran kepada pihak bank untuk lebih hati-hati dan lebih teliti dalam menganalisa nasbaah agar dapat memperkecil terjadinya pembiayaan bermasalah. Kritik dan saran penulis harapkan untuk penelitian ini agar penelitian ini lebih baik dan sempurna serta dapat menambah wawasan penulis dalam melakukan penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andrianto, Idrisryandtix07@gmail.comG94219156
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitisitimusfiqoh@uinsby.ac.id2013087601
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Murabahah
Keywords: Pembiayaan bermasalah; akad murabahah; pembiayaan BPR Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Idris Andrianto
Date Deposited: 27 Dec 2023 08:01
Last Modified: 27 Dec 2023 08:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66778

Actions (login required)

View Item View Item