Pemberdayaan kelompok pemuda dalam menata lingkungan sehat di Karang Rajun Desa Glagahwero Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sauri, Sofyan (2023) Pemberdayaan kelompok pemuda dalam menata lingkungan sehat di Karang Rajun Desa Glagahwero Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sofyan Sauri_B02218025 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Sofyan Sauri_B02218025.pdf

Download (783kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang lingkungan tidak sehat yang berdampak buruk pada kesehatan masyarakat. Melihat lingkungan di Kampung Karang Rajun yang masih banyak sampah-sampah berserakan dijalan, pinggir jalan, selokan, dan air sungai yang tercemar. Semua fenomena tersebut disebabkan oleh perilaku masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan dan membuang kotoran ternak ke sungai. Dengan kondisi lingkungan tersebut memberikan dampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat. Maka pendampingan ini dilakukan untuk menata kualitas lingkungan tidak sehat yang dapat mengurangi dampak buruk lingkungan bagi kesehatan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah metode Participatory Action Research (PAR). Proses pendampingan yang dilakukan oleh peneliti mulai dari pemetaan awal, membangun hubungan kemanusiaan, pendataan, Focus Group Discussion (FGD), merumuskan masalah bersama, menyusun rencana aksi bersama, melaksanakan aksi perubahan, dan evaluasi serta refleksi. Pelaku utama atau subyek pemberdayaan pada penelitian ini ialah kelompok pemuda yang dapat melanjutkan proses pendampingan. Adapun dinamika proses aksi program yang dijalankan antara lain: Pertama, edukasi lingkungan dengan menggunakan pendekatan dakwah ceramah dan diskusi. Kedua, mengadakan pelatihan pupuk kandang sebagai sarana lingkungan untuk mengurangi pembuangan kotoran ternak ke sungai. Ketiga, mengadakan pembangunan bak sampah sebagai prasarana lingkungan untuk mengurangi sampah yang dibuang secara sembarangan. Keempat, mengadakan kelompok yang mau mengurusi lingkungan agar supaya ada yang merawat dan memperhatikan lingkungan. Kelima, melakukan advokasi kebijakan lingkungan ke pemerintah desa untuk meminta kesepakatan atas aturan yang telah dibuat bersama untuk membatasi perilaku masyarakat yang semena-mena terhadap lingkungan. Hasil dari pendampingan pada penelitian ini ialah masyarakat sadar akan pentingnya merawat lingkungan ditandai dengan adanya kemauan masyarakat melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan, tindakan masyarakat membuang kotoran ternak ke sungai sudah dibatasi dengan memanfaatkan kotoran ternak untuk dijadikan pupuk, adanya kegiatan tambahan dari kelompok pemuda yakni kerja bakti 1 bulan 1 kali dalam sebulan yang fokus kepada kebersihan lingkungan, berkurangnya pembuangan sampah di selokan dan pinggir jalan dikarenakan adanya himbauan merawat lingkungan dan rasa sungkan pada warga lain yang telah membersihkan sampah setiap ada kegiatan kerja bakti, dan lingkungan menjadi bersih serta berkurangnya penyakit yang disebabkan lingkungan kumuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sauri, Sofyansofyanerlangga3@gmail.comB02218025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Lingkungan Hidup
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; kelompok pemuda; kesehatan lingkungan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sofyan Sauri
Date Deposited: 30 Jan 2024 15:33
Last Modified: 30 Jan 2024 15:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66794

Actions (login required)

View Item View Item