Analisis ‘urf terhadap adat adhep kanan sebelum menikah yang berdampak pada keharmonisan hubungan suami istri: studi kasus di Desa Bancaran, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bendy, Raden Ayu Berliany Maudy Ratu (2023) Analisis ‘urf terhadap adat adhep kanan sebelum menikah yang berdampak pada keharmonisan hubungan suami istri: studi kasus di Desa Bancaran, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
R.A Berliany Maudy Ratu Bendy_C71219083 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
R.A Berliany Maudy Ratu Bendy_C71219083 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini mengguakan metode penelitian lapangan (field research). Dengan mencari tahu praktik pelaksanaan adat adhep kanan di Desa Bancaran Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan. Teknik pengumpulan data dilakukan denga melalui wawancara dengan beberapa masyarakat desa Bancaran yang berhubungan dengan pelaksanaan praktik adat adhep kanan. Selanjutnya data wawancara tersebut diolah dengan memakai dua tahap yaitu tahap editing dan pemilihan data yang relevan dengan penelitian yang dilanjutkan dengan organizing. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, Adat adhep kanan merupakan adat yang dilakukan masyarakat desa Bancaran kecamatan Bangkalan kabupaten Bangkalan yang di percaya sebagai kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat desa Bancaran sebalum menikah karena masyarakat desa Bancaran percaya bahwa adat ini bermakna simbol kebaikan di awal perjalanan pernikahan. Maka dari itu mereka percaya bahwa faktor keharmonisan keluarga lahir jika adat ini dilakukan. Kedua, Adat adhep kanan dari segi ruang lingkupnya termasuk kedalam ‘urf khash (khusus) dan adhep kanan merupakan ‘urf amali jika dilihat dari segi sifatnya. Selain itu jika dilihat dari segi diterimanya atau tidak, adat adhep kanan termasuk dalam ‘urf s}ha>hih. Dan yang Ketiga, adat adhep kanan yang dilakukan calon mempelai wanita sebelum menikah yang berdampak terhadap keharmoisan hubungan suami istri merupakan adat yang dapat di golongkan pada ‘urf s}ha>hih, karena adat adhep kanan telah memenuhi syarat dalam untuk dapat dikatakan sebagai ‘urf yang dapat diterima. Sejalan dengan kesimpulan di atas, saran yang diberikan penulis terhadappenulis kurang menggali data secara luas dan mendalam dalam melakukan observasi. Maka dari itu, penulis menyararan untuk penelitian selanjutnya agar lebih mendalam dalam melakukan observasi seperti menambah variasi wawancara dan menggunakan berbagai metode lainnya dalam penggalian data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bendy, Raden Ayu Berliany Maudy Raturadenayuberliany@gmail.comC71219083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Holilurelrahman10@gmail.com2002108702
Subjects: Hukum Islam
Nikah
Adat
Keywords: Hukum Islam; adat; pernikahan; keharmonisan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Raden Ayu Maudy Ratu Bendy
Date Deposited: 21 Dec 2023 07:24
Last Modified: 21 Dec 2023 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66803

Actions (login required)

View Item View Item