Optimalisasi kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana banjir bandang di Desa Dilem Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Isna Khoirotul (2023) Optimalisasi kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana banjir bandang di Desa Dilem Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Isna Khoirotul Laili_B92218111.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Isna Khoirotul Laili_B92218111_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Kesiapsiagaan merupakan bagian dari penanggulangan bencana serta sebagai upaya untuk mengurangi risiko akibat terjadinya suatu bencana. Penelitian ini berfokus pada proses optimalisasi kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana banjir bandang di Desa Dilem, dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi kesiapsiagaan masyarakat Desa Dilem serta strategi yang dilakukan dalam upaya optimalisasi kesiapsiagaan masyarakat menghadapi ancaman bencana banjir bandang di Desa Dilem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Participatory Action Research (PAR), dimana dalam proses riset yang dilakukan dari awal hingga akhir melibatkan secara penuh partisipasi dari masyarakat. Sehingga masyarakat menjadi subjek dan juga objek dari penelitian. Mulai dari proses pemetan, penyusunan masalah dan harapan, aksi, hingga pada tahap monitoring evaluasi dilakukan secara bersama-sama. Kemudian dalam proses penggalian data penelitian menggunakan tekni-teknik yang ada dalam metode Participatory Rural Appraisal (PRA). Hasil dari proses pengorganisasian masyarakat yang tertuang dalam program pendidikan kebencanaan adalah, tumbuhnya kesadaran dan pemahaman masyarakat terkait penanggulangan bencana, terutama dalam hal kesiapsiagaan. Selain itu, pengaktifan kelompok Destana, pengoptimalan alat peringatan dini bencana serta advokasi kebijakan yang fokus dalam peningkatan kesiapsiagaan masyarakat juga dilakukan dalam upaya menghadapi ancaman bencana banjir bandang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Isna Khoirotulisna.laily21@gmail.comB92218111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdnan, Abd. Mujibabdulmujibadnan@gmail.com2007025902
Subjects: Bencana alam
Lingkungan Hidup
Masyarakat Islam
Keywords: Bencana; kesiapsiagaan; banjir bandang
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Isna Khoirotul Laili
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:58
Last Modified: 19 Dec 2023 05:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66815

Actions (login required)

View Item View Item