Akulturasi islam dengan tradisi local: studi tentang tradisi Manganan di Desa Klumpit Kecamatan Soko Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadliroh, Neni Liftiarotin (2023) Akulturasi islam dengan tradisi local: studi tentang tradisi Manganan di Desa Klumpit Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nazilur Rohmah_D92217064 OK.pdf

Download (579kB)
[img] Text
Nazilur Rohmah_D92217064 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (4MB)

Abstract

Indonesia memiliki berbagai macam agama, suku, tradisi, budaya, dan bahasa Khususnya masyarakat yang ada di Jawa sebagai tempat penyebaran Islam terbesar, di daerah Jawa khususnya memiliki berbagai macam jenis warisan nenek moyang selalau terjaga pola pelestariannya. Neni Liftiarotin Nadliroh, Akulturasi Islam dengan Tradisi Lokal (Studi Tentng Tradisi Manganan di Desa klumpit Kecamatan Soko Kabupaten Tuban), yang di bimbing oleh Dr. Haqqul Yaqin, M.Ag. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menjelaskan tentang hasil proses akulturasi Islam dan tradisi lokal Manganan yang ada di Desa Klumpit Kecamatan Soko Kabupaten Tuban dan untuk menganalisis dan menjelaskan pandangan tokoh agama Islam dalam menanggapi adanya akulturasi Islam dan tradisi lokal Manganan yang ada di Desa Klumpit Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Dalam melakukan penelitian penulis menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data deskriptif melalaui observasi, wawancara dan dokumentasi teknik yang digunakan dalam analisis adalah induktif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh dari lapangan kemudian menarik kesimpulan secara umum Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses akulturasi yang terjadi di dalam tradisi Manganan ini akibat bertemunya dua tradisi yang saling butuh dan member sehingga menghasilkan tradisi Manganan yang konsepsinya nyaris tradisi Islam namun tidak meninggalkan keasliannya sehingga engahsilkan hasil proses akulturasi yang hingga sekarang dilestarikan. Dalam pandangan tokoh agama Islam akulturasi Islam dan tradisi lokal Manganan ini tidak bertentangan dengan ajaran Islam akibat adanya akulturasi, ritual yang ada di dalam tradisi Manganan ini tidak boleh di anggap syirik karena hal ini hanyalah sebuah pelestarian adat-istiadat yang dijaga dan diwariskan oleeh nenek moyang kita.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadliroh, Neni Liftiarotinneniliftia9@gmail.comE02219025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYaqin, Haqqulhaqqulyaqin@uinsby.ac.id2113027201
Subjects: Adat
Budaya
Keywords: Akulturasi; Tradisi lokal; Tradisi Manganan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2023 01:42
Last Modified: 19 Dec 2023 01:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66816

Actions (login required)

View Item View Item