Kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran daring pada siswa Kelas V

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zainovi, Putri Sarah (2023) Kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran daring pada siswa Kelas V. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Sarah Zainovi_D97217071 OK.pdf

Download (483kB)
[img] Text
Putri Sarah Zainovi_D97217071 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam perencanaan membuat media pembelajaran, pengemasan materi ke dalam media pembelajaran yang digunakan. dan menentukan media yang menarik agar peserta didik tidak merasa jenuh dan bosan pada saat proses pembelajaran berbasis daring dilaksanakan. pada masa pandemi Covid-19 pelaksanaan pembelajaran daring tidak hanya dapat ditunjang dengan kuota internet kreativitas guru juga menjadi hal penting dalam menghadapi pembelajaran daring, kreativitas dalam merancang, menyusun, dan membuat media dalam proses pembelajaran daring. Peneliti mengambil rumusan masalah 1) Bagaimana bentuk kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran daring pada siswa kelas 5 MI Assa’adah Bungah 2) Apa problematika yang dihadapi oleh guru dalam mengembangkan media pembelajaran daring pada siswa kelas 5 MI Assa’adah Bungah 3) Bagaimana tingkat kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran daring. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data ada 4 yaitu observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Wawancara ini ditujukan guru kelas dan siswa kelas 5, angket ditujukan kepada guru kelas, observasi di tujukan kepada guru kelas serta situasi di lapangan, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1)Bentuk kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran daring pada siswa kelas 5 MI Assa’adah. Pada saat kegiatan pembelajaran daring guru dapat memanfaakan media online seperti video pembelajaran dari youtube, google form whatsapp, power point, text book, dan voice not untuk menunjang proses pembelajaran yang dilaksanakan secara daring.(2)Problematika yang di hadapi oleh guru dalam mengembangkan media pembelajaran daring yaitu guru mengalami kesulitan dalam waktu dan perencaan membuat media pembelajaran, keterbatasan sinyal dan gedget peserta didik yang harus digunakan secara bergantian, terdapat beberapa siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi baru, dan kesulitan guru menentukan media pembelajan yang menarik agar peserta didik tidak bosaan.(3)Tingkat kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran daring pada siswa kelas 5 Mi Assa’adah Bungah termasuk dalam kriteria kreativitas yang cukup dengan skor keseluruhan 80 (sedang).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zainovi, Putri Sarahzainovi98@gmail.comD97217071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Guru
Pendidikan > Media
Keywords: Media Pembelajaran; Kreativitas Guru; Pandemi Covid-19.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:41
Last Modified: 20 Dec 2023 02:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66833

Actions (login required)

View Item View Item