Peran pengajian Jamaah Tablig terhadap pembentukan keluarga sakinah di Desa Suko Kecamatan Sukodono

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anugerah, Ghifari Fajar (2023) Peran pengajian Jamaah Tablig terhadap pembentukan keluarga sakinah di Desa Suko Kecamatan Sukodono. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ghifari Fajar Anugerah _C91219112 OK.pdf

Download (607kB)
[img] Text
Ghifari Fajar Anugerah _C91219112 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Dalam membangun keluarga yang harmonis, Jamaah tablig Kecamatan Sukodono memiliki peran besar dalam hal tersebut. Jamaah tablig Kecamatan Sukodono dalam membangun keluarga yang harmonis, memilik metode yaitu pengajian rutin yang diadakan di masjid dan rumah-rumah warga sekitar Jamaah Tablig bertempat. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana bentuk pengajian jamaah tablig terhadap keluarga di Kecamatan Sukodono dan bagaimana peran pengajian jamaah tablig di Desa Suko Kecamatan Sukodono tersebut terhadap pembentukan keluarga sakinah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian hukum empiris. Data penelitian yang dihimpun menggunakan teknik field research dimana penulis mengumpulkan data, mencatat, dan mengolah data berdasarkan sumber wawancara Metode analisis yang digunakan adalah teknik deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Data yang didapat dalam penelitian ini berdasarkan klasifikasi dari sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dilakukan terhadap narasumber anggota keluarga jamaah tablig Desa Suko Kecamatan Sukodono. Serta dokumentasi dengan menyantumkan hasil wawancara dengan anggota Jamaah tablig di Desa Suko Kecamatan Sukodono.
Dari hasil penelitian ini menyimpulkan: pertama, pengajian yang diadakan oleh jamaah tablig Desa Suko Kecamatan Sukodono terhadap keluarga disekitar daerah tersebut memiliki peran dalam tercapainya keluarga sakinah. Kedua, dari materi pengajian yang disampaikan oleh Jamaah Tablig Kecamatan Sukodono sangat membantu keluarga yang ada di Desa Suko Kecamatan Sukodono dalam mencapai keluarga sakinah.Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka penulis menyarankan digencarkannya pengajian kepada masyarakat sekitar. Khusunya keluarga dan pasutri yang sudah berumah tangga, tentang pentingnya mengetahui tujuan perkawinan dalam Islam agar kehidupan berumah tangga keluarga di Desa Suko Kecamatan Sukodono menjadi harmonis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anugerah, Ghifari Fajarfajarghiff@gmail.comC91219112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuis, Suissuisabdullah@yahoo.com2001016202
Subjects: Islam > Iman
Kesejahteraan Sosial
Keluarga > Keluarga Islam
Keywords: Jamaah tablig; sakinah; keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Ghifari Anugerah
Date Deposited: 21 Dec 2023 04:40
Last Modified: 21 Dec 2023 04:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66838

Actions (login required)

View Item View Item