Tingkatan Gelar Perawi Hadis Dalam Ilmu Al-Jarh Wa Al Ta'dil Perspektif Ibn Hajar Al'Asqalani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahroh, Jamilatus (2023) Tingkatan Gelar Perawi Hadis Dalam Ilmu Al-Jarh Wa Al Ta'dil Perspektif Ibn Hajar Al'Asqalani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jamilatus Zahroh_07020520042 OK.pdf

Download (511kB)
[img] Text
Jamilatus Zahroh_07020520042 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (1MB)

Abstract

Semakin berkurangnya peminatnya para pelajar khususnya mahasiswa dalam mengkaji hadis dan ilmu-ilmu yang berkaitan dengan hadis, hal ini dapat dilihat dari hasil karya ilmiah yang ditulisnya. Dengan demikian pembahasan pada peneilitian ini terfokuskan kepada pemikiran tokoh dalam ilmu al-jarh wa al-ta'dil. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian library research. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: pertama, bagaimana klasifikasi tingkatan gelar perawi hadis perspektif Ibnu Hajar, kedua bagaimana pandangan ulama hadis terhadap klasifikasi tingkatan gelar perawi hadis perspektif Ibnu Hajar, dan yang ketiga bagaimana fungsi dari tingkatan gelar perawi terhadap ilmu al-jarh wa al-ta'dil. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian library reseacrh melalui pendekatan pemikiran tokoh dan pemikirannya serta ditunjang dengan beberapa data yang lainnya. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, (1) Klasifikasi tingkatan gelar perawi menurut Ibn H}ajar terbagi menjadi dua belas tingkatan, enam tingkatan pertama yaitu tingkatan al-ta’dil dan enam tingkatan kedua yaitu tingkatan al-jarh. (2) Perbedaan pendapat mengenai klasifikasi tingkatan gelar perawi hadis menurut Ibn H}ajar diantaranya yaitu Dr. Walid sependapat dengan klasifikasi tingkatan gelar perawi hadis yang dicetuskan oleh Ibn H}ajar Sedangkan Shaikh Ahmad Shakir ada beberapa poin yang tidak sependapat dengan Ibn Hajar (3) Fungsi tingkatan gelar perawi dalam ilmu al-jarh wa al-ta'dil perspektif Ibn Hajar yaitu untuk mempermudah para peneliti hadis dalam meneliti keadilan dan kecacatan perawi hadis untuk menilai kualitas suatu hadis. Penelitian ini untuk mempermudah peneliti hadis dalam menentukan kualitas hadis berdasarkan keadilan dan kedabitan seorang perawi hadis, hadis tersebut dapat diamalkan atau tidak, dan diterima atau ditolak periwayatannya periwayatan hadis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahroh, Jamilatusjamilazahrah28@gmail.com07020520042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Muhidmuhid@uinsby.ac.id2002106301
Subjects: Hadis
Keywords: Gelar Perawi Hadis; Ibn Hajar al‘Asqalani; dan al jarh wa al-ta'dil
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Jamilatus Zahroh
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:56
Last Modified: 22 Dec 2023 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66858

Actions (login required)

View Item View Item