Keadilan kepada anak perspektif hadis: kajian ma’anil hadith abu dawud 3544 dalam perspektif Abraham Maslow

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailizarti, Ismaul (2023) Keadilan kepada anak perspektif hadis: kajian ma’anil hadith abu dawud 3544 dalam perspektif Abraham Maslow. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismaul lailizarti_07040520084.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Ismaul lailizarti_07040520084_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 December 2026.

Download (4MB)

Abstract

Rumah tangga berisikan semua aset yang ada di dalamnya. Rumah menjadi tempat berteduh. Sedangkan hubungan suami istri dan anak yang ada didalamnya menjadi subjek dalam rumah tangga. Dalam hubungan suami istri diperlukan adanya ilmu parenting dengan baik sebelum menikah maupun setelah menikah. Dengan tujuan mempunyai pembekalan ketika mengasuh anak. Bagaimanapun juga kriteria anak berbeda-beda dan hal tersebut menjadi salah satu faktor mengapa cara pengasuhan oleh orang tua juga berbeda. Cara pengasuhan orang tua dapat mempengaruhi kehidupan anak pada jenjang masa selanjutnya. Penelitian berfokus pada kajian kritik matan dan sanad hadis juga ilmu ma’anil hadis untuk menemukan makna hadis tersebut. Penelitian ini mengangkat beberapa masalah yang ada didalamnya yaitu bagaimana kualitas dan kuantitas hadis anjuran perilaku adil pada riwayat Abu> Da>wud nomor indeks 3544, bagaimana studi hadis anjuran perilaku adil, bagaimana analisis hadis riwayat Abu> Da>wud nomor indeks 3544 dalam teori humanistik yang dicetuskan oleh Abraham Maslow. Adapun tujuan pada penelitian yang terdeteksi yakni pertama, untuk melakukan peninjauan kualitas dan kuantitas hadis. Kedua, untuk mengetahui pemaknaan pada hadis anjuran perilaku adil. Ketiga, untuk mengetahui analisis hadis anjuran perilaku adil dalam teori humanistik oleh Abraham Maslow. Penelitian pada penulisan ini menggunakan metode Library research yang prosesnya menggunakan buku, jurnal, artikel dan literatur lainnya yang masih berhubungan dengan tema tersebut untuk mengumpulkan data. Selain itu, penelitian ini menggunakan pendekatan humanistik Abraham Maslow untuk mengukur kebutuhan pada makhluk hidup. Hasil akhir pada penelitian ini yaitu pertama, kualitas pada hadis anjuran perilaku adil riwayat Abu> Da>wud nomor indeks 3544 memiliki derajat shah}ih. Kedua, pemaknaan hadis riwayat Abu> Da>wud nomor indeks 3544 mempunyai makna bahwa Rasulullah menganjurkan orang tua untuk berbuat adil dalam pola asuh kepada anaknya terutama antara laki-laki dan perempuan. Ketiga, analisis pada hadis anjuran perilaku adil dengan teori humanistik menurut Abraham Maslow yaitu ada lima hirarki kebutuhan manusia dalam menunjang hidupnya dari awal lahir. Hal terebut apabila diterapkan pada pola asuh orang tua sebaiknya diimplementasikan dengan adil antar anak dengan tujuan tidak ingin ada kecemburuan sosial antar anak. Selain itu apabila pola asuh yang dilakukan oleh orang tua tidak adil maupun memihak pada salah satu anak dapat mengakibatkan terputusnya hubungan antar orang tua dengan anak, maupun antar anak dengan anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailizarti, Ismaullailizartii@gmail.com07040520084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, BudiBudi Ichwayudi@gmail.com2016047602
Subjects: Anak
Agama > Biografi Tokoh
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Hadis; humanistik; pola asuh; Abu Dawud
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: ISMAUL LAILIZARTI LAILIZARTI
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:46
Last Modified: 27 Dec 2023 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66870

Actions (login required)

View Item View Item