Implementasi hadis anjuran sholat berjamaah pada remaja Desa Tandonsentul Probolinggo dalam meningkatakan minat sholat berjamaah: kajian Ma’ani hadith dalam kitab Sunan al-Tirmidhi nomor indeks 216 dengan pendekatan sosiologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Faruq, Muhammad Iqbal (2023) Implementasi hadis anjuran sholat berjamaah pada remaja Desa Tandonsentul Probolinggo dalam meningkatakan minat sholat berjamaah: kajian Ma’ani hadith dalam kitab Sunan al-Tirmidhi nomor indeks 216 dengan pendekatan sosiologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Iqbal Al Faruq_07040520087 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 December 2026.

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Iqbal Al Faruq_07040520087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sholat fardhu lebih baik dilaksanakan secara berjamaah, dikarenakan banyak hadis hadis nabi yang menganjurkan untuk mendirikan sholat fardhu secara berjamaah, dan menjelasankan pahala sholat berjamaah dalam hadis tersebut. hal ini dipaparkan pada hadis nabi Muhammad Saw yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi no indeks 216. Hal ini kurang terlaksana pada keadaan remaja desa TandonSentul dimana sangat sedikit sekali remaja yang melaksanakan sholat berjamaah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan hadis tersebut pada remaja desa Tandosnsentul dengan tujuan untuk meningkatkan kembali minat sholat berjamaah pada remaja desa Tandonsentul. Model penelitian ini menggunakan motode (Field Research) studi lapangan, dan menggunakan ( Library Research ), studi kepustakaan. Adapun metode lapangan yang digunakan adalah, observasi, wawancara, sedangkan studi kepustakaan meliputi, kitab-kitab hadis, buku-buku kajian, dan jurnal penunjang yang berkaitan dengan objek penelitian. Dengan demikian tujuan utama dari penelitian ini ialah, pertama mencari kehujjahan dan kualitas hadis riwayat Imam Tirmidzi no indeks 216 tentang anjuran sholat berjamaah, kedua mengkaji pemahaman hadis tentang anjuran sholat berjamaah riwayat Imam Tirmidzi no indeks 216, ketiga membahan bagaimana pengimplementasian atau penerapa hadis riwayat Imam Tirmidzi no indeks 216 pada remaja desa Tandonsentul dengan tujuan meningkatkan minat atau semanagat dalam sholat berjamaah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Faruq, Muhammad Iqbalaliqbal106@gmail.com07040520087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAtho’illah, Atho’illahAtho'illahUmar@gmail.com2014097902
Subjects: Ibadah
Salat
Adat
Keywords: Hadis anjuran sholat berjamaah; remaja; minat sholat berjamaah; kitab Sunan al-Tirmidhi nomor indeks 216; pendekatan sosiologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Muhammad Iqbal Al Faruq Al Faruq
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:20
Last Modified: 27 Dec 2023 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66893

Actions (login required)

View Item View Item