Praktik ruqyah syar'iyah oleh jam'iyyah ruqyah aswaja Sidoarjo: kajian living hadis riwayat Imam Muslim nomor indeks 2200

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnamasari, Umi Nashiroh Roihana (2023) Praktik ruqyah syar'iyah oleh jam'iyyah ruqyah aswaja Sidoarjo: kajian living hadis riwayat Imam Muslim nomor indeks 2200. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Nashiroh Roihana Purnamasari_07020520067 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 January 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Umi Nashiroh Roihana Purnamasari_07020520067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Akhir-akhir ini, banyak masyarakat salah kaprah dalam memahami pengobatan ruqyah. Sering kali mereka menilai segala macam “ruqyah,” valid dan sesuai syariat. Padahal banyak dijumpai pelbagai pengobatan mengatasnamakan ruqyah namun mengandung nilai-nilai kesyirikan. Hadirnya penelitian ini, guna menyuguhkan tawaran konseptual terkait ruqyah yang sah nan valid menurut hukum Islam. Salah satunya, dengan mengelaborasi praktik ruqyah yang dilakukan oleh Jam’iyyah Ruqyah Aswaja Sidoarjo. Khususnya penggunaan hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dengan nomor indeks 2200. Rumusan masalah dalam kajian ini berkisar tiga hal; pemaknaan hadis; sistematika ruqyah yang disuguhkan; serta implementasi hadis tersebut dalam aktivitas tersebut. Fenomenologi menjadi pendekatan yang dipilih peneliti dalam membedah persoalan utama dalam riset ini. Peneliti sampai pada beberapa kesimpulan: pertama, hadis riwayat Imam Muslim dengan nomor indeks 2200 menilai valid segala bentuk ruqyah, selama tidak ada unsur yang merubah “keimanan” bahwa Allah adalah prima causa dari segala kesembuhan. Kedua, Jam’iyyah Ruqyah Aswaja Sidoarjo mengenalkan tiga metode ruqyah (air asmā’an, sentuhan zalzalah, dan sima‘ī), dengan naṣ shar’ī sebagai lafalnya. Ketiga, ruqyah yang dilakukan JRA Sidoarjo sah dan tidak mengandung unsur kesyirikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnamasari, Umi Nashiroh Roihananashiroh.roihana@gmail.com07020520067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, Umar-2005076201
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Hadis
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Ruqyah syar'iyah; hadis Imam Muslim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Umi Nashiroh
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:08
Last Modified: 17 Jan 2024 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66900

Actions (login required)

View Item View Item