Pengaruh harga komoditas pangan terhadap tingkat inflasi di Provinsi Jawa Timur tahun 2018-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afidatunisa', Alfika (2023) Pengaruh harga komoditas pangan terhadap tingkat inflasi di Provinsi Jawa Timur tahun 2018-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfika Afidatunisa'_G91219063.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Alfika Afidatunisa'_G91219063_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 December 2026.

Download (4MB)

Abstract

Adanya fluktuasi harga komoditas pangan dapat berkontribusi terhadap tingkat inflasi. Inflasi sendiri menjadi salah satu permasalahan ekonomi yang memiliki dampak signifikan terhadap perekonomian suatu negara dan kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh harga komoditas pangan terhadap tingkat inflasi di Provinsi Jawa Timur Tahun 20182021. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis regresi linier berganda dan menggunakan pengujian hipotesis koefisien determinasi, uji F dan uji T untuk mengetahui pengaruh tiap variabel komoditas pangan yaitu beras, daging ayam, daging sapi, telur ayam, cabai merah, dan gula terhadap inflasi dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari PIHPS dan BPS Jawa Timur. Data yang telah dikumpulkan lanjut diolah menggunakan software Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien parsial hanya harga daging ayam yang berpengaruh terhadap inflasi di Provinsi Jawa Timur dengan nilai probabilitas < 5%. Sedangkan harga beras, daging sapi, telur ayam, cabai merah, dan gula tidak mempengaruhi inflasi di Provinsi Jawa Timur dengan nilai probabilitas > 5%. Untuk hasil secara simultan seluruh variabel bersama-sama mempengaruhi tingkat inflasi dengan nilai probabilitas 0,004515 < 5%. Untuk hasil uji dominan diketahui bahwa variabel bebas yang paling berpengaruh dominan terhadap tingkat inflasi adalah harga daging ayam. Dari hasil penelitian diketahui bahwa harga komoditas pangan berfluktuasi terutama pada komoditas daging ayam yang memiliki pengaruh terhadap inflasi, sehingga diharapkan pemerintah mengupayakan kestabilan harga seperti meningkatkan kelancaran distribusi, pengadaan operasi pasar untuk menekan harga serta dapat meberikan subsidi pakan ternak untuk komoditas hewan ternak seperti ayam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afidatunisa', Alfikaafidatunisa.fika@gmail.comG91219063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Ekonomi
Harga Pokok
Keywords: Inflasi; harga komoditas pangan; fluktuasi; regresi linier berganda
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Alfika Afidatunisa'
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:34
Last Modified: 27 Dec 2023 04:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66903

Actions (login required)

View Item View Item