Pengaruh pemberian ekstrak kulit jeruk siam (citrus nobilis l.) dengan beberapa pelarut terhadap hitung total dan hitung jenis leukosit mencit yang diinduksi high fat diet

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pramudya, Cindy (2023) Pengaruh pemberian ekstrak kulit jeruk siam (citrus nobilis l.) dengan beberapa pelarut terhadap hitung total dan hitung jenis leukosit mencit yang diinduksi high fat diet. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cindy Pramudya_09020120025 OK.pdf

Download (574kB)
[img] Text
Cindy Pramudya_09020120025 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Pemanfaatan kulit jeruk oleh masyarakat Indonesia masih perlu dilakukan eksplorasi. Kulit jeruk memiliki banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya. Salah satu kandungan yang bermanfaat dari kulit jeruk ialah metabolit sekundernya yakni flavonoid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian ekstrak kulit jeruk siam (Citrus nobilis) terhadap jumlah total dan hitung jenis leukosit mencit yang telah diinduksi High Fat Diet. Mencit diinduksi menggunakan High Fat Diet (HFD) selama 7 hari kemudian diinduksi ekstrak kulit jeruk dengan beberapa pelarut selama 7 hari. Setelah itu dilakukan pembedahan dan diambil darah dari jantung dan diamati jumlah leukosit dan jenis leukositnya. Pelarut yang digunakan yaitu metanol, etil asetat, dan aquades. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji One Way Anova dan uji Duncan. Pelarut metanol menunjukkan hasil yang cukup signifikan yaitu mampu menurunkan jumlah leukosit mendekati jumlah pada perlakuan kontrol yakni sebesar 6x103 sel/mm3. Hal ini diduga karena metanol memiliki tingkat kepolaran yang sama dengan flavonoid yang terkandung pada kulit jeruk sehingga memiliki total flavonoid paling tinggi dibanding pelarut yang lain. Kemudian pada jenis leukosit pelarut metanol juga menunjukkan sebagai pelarut yang paling baik karena mampu menormalkan jumlah jenis leukosit yang semula abnormal sebagai akibat dari penginduksian HFD. Hasil dari uji Duncan menunjukkan bahwa pada ekstrak dengan pelarut metanol pada jumlah total dan hitung jenis leukosit memiliki notasi yang sama dengan kelompok kontrol sehingga dapat disimpulkan pelarut metanol ialah pelarut terbaik dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pramudya, CindyCindyprmdya@gmail.com09020120025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id2030088901
Thesis advisorPurnamasari, Risarisa.purnamasari89@yahoo.co.id--
Subjects: Biologi
Keywords: Kulit Jeruk Siam; High Fat Diet; Jumlah Total Leukosit; Hitung Jenis Leukosit
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Cindy Cindy Pramudya
Date Deposited: 29 Dec 2023 01:04
Last Modified: 29 Dec 2023 01:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66905

Actions (login required)

View Item View Item