Implikatur percakapan dalam novel anak KKPK my adventure in the world karya Vivi Difa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasasti, Adira Marsa Yafi (2023) Implikatur percakapan dalam novel anak KKPK my adventure in the world karya Vivi Difa. EDU-KATA : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 09 (01). pp. 29-35. ISSN 2579-1015

[img] Text
Adira Marsa Yafi Prasasti_03020420017.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (226kB)
Official URL: http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/kata/articl...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikatur percakapan dalam novel anak KKPK My Adventure In The World karya Vivi Difa pada setiap tuturan yang dituturkan oleh penutur dan lawan tutur. Peneliti menggunakan teknik simak dan catat dalam pengumpulan datanya. Data yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kata atau kalimat yang terdapat dalam percakapan pada novel anak KKPK My Adventure In The World tahun 2015, tebal 88 halaman, penerbit Dar! Mizan PT Mizan Pustaka. Sumber data dalam penelitian ini berupa sumber data tertulis yang terdapat dalam novel anak KKPK My Adventure In The World karya Vivi Difa. Pada penelitian ini peneliti menemukan implikatur percakapan konvensional dan implikatur percakapan khusus yang terdapat dalam novel anak KKPK My Adventure In The World karya Vivi Difa. Peneliti berhasil menemukan tiga implikatur percakapan konvensional dan enam implikatur percakapan khusus dengan menggunakan metode analisis data deskriptif dan pendekatan kualitatif sehingga menghasilkan data – data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang dapat diamati pada lingkungan sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasasti, Adira Marsa Yafimarsaafi@gmail.com03020420017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRumilah, Sitisitirumilah@uinsby.ac.d2012077601
Subjects: Linguistik
Keywords: Deskriptif; implikatur percakapan; kualitatif
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Adira Marsa Yafi Prasasti
Date Deposited: 28 Dec 2023 04:12
Last Modified: 28 Dec 2023 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66933

Actions (login required)

View Item View Item