Analisis akad istisna’ hukum Islam dan Fatwa DSN MUI No. 06/DSN-MUI/IV/2000 terhadap jual beli hijab sistem preorder di akun instagram Syakia.id

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saidah, Rohmatul Lailatus (2023) Analisis akad istisna’ hukum Islam dan Fatwa DSN MUI No. 06/DSN-MUI/IV/2000 terhadap jual beli hijab sistem preorder di akun instagram Syakia.id. Undergraduate thesis, UIN Sunan ampel surabaya.

[img] Text
Rohmatul Lailatus Saidah_C92218169.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rohmatul Lailatus Saidah_C92218169_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 December 2026.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Akad Istisna’ Hukum Islam dan Fatwa DSN MUI No. 06/DSN-MUI/2000 Terhadap Jual Beli Hijab Sistem Pre-Order Di Akun Instagram Syakia.Id” merupakan suatu penelitian lapangan yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan Bagaimana praktik jual beli hijab sistem pre-order di instagram syakia.id dan Bagaimana analisis akad istis}na>’ Hukum Islam dan fatwa DSN MUI No. 06/DSN-MUI/IV/2000 terhadap jual hijab sistem pre-order di akun instagram syakia.id. Jenis Penelitian ini adalah penelitian field research (penelitian lapangan) menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi dan wawancara yang kemudian dianalisis menggunakan metode deksriptif kualitatif dengan menggunakan pola pikir deduktif menggunakan teori akad istisna’. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik jual beli hijab sistem preorder di syakia.id termasuk kedalam jual beli istisna’. Penjual membuka pre-order dengan rentang waktu yang ditentukan, lalu pembeli memesan hijab terlebih dahulu dengan pembayaran diakhir, adapun waktu penyerahan barang tidak ditentukan. Berdasarkan ketentuan akad istisna’ jual beli hijab di syakia.id telah sah dan sudah memenuhi rukun dan syarat akad istisna’, meskipun waktu penyerahan tidak ditentukan, karena dalam syarat akad istisna’ tidak terdapat batas waktu penyerahan barang dan pembeli telah sepakat dengan ketentuan yang diberikan penjual. Dalam hak khiya@r aib menjelaskan bahwa apabila terdapat cacat atau ketidaksesuaian barang maka pembeli dapat melanjutkan atau membatalkan akad. Dalam praktiknya penjual memberikan ganti rugi berupa potongan harga atau ganti dengan barang baru, dan pembeli rela dan menerima pertanggungjawaban penjual. Adapun praktik jual beli hijab sistem pre-order di syakia.id berdasarkan fatwa DSN MUI No.06/DSN-MUI/IV/2000 telah sesuai karena telah memenuhi ketentuanketentuan mengenai akad istisna’. Adanya kesimpulan di atas, maka penulis memberikan saran untuk penjual untuk memberikan batas maksimal estimasi waktu agar terhindar dari kesalahpahaman antara penjual dan pembeli, dan lebih memperhatikan barang yang dijualnya agar terhindar dari ketidaksesuaian dan tidak mengecewakan pembeli. serta untuk pembeli lebih memperhatikan online shop yang akan digunakan untuk berbelanja dan mencari info yang jelas mengenai detail produk yang dijual baik dari segi kualitas hingga hingga waktu pengirimannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saidah, Rohmatul Lailatusrohmatulsaidah90@gmail.comC92218169
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Mohammadarifardhi18@gmail.com102101811126130/2018017002
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli > Jual Beli
Jilbab
Keywords: Istisan'; jual beli hijab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Rohmatul Lailatus Saidah
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:22
Last Modified: 05 Feb 2024 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66957

Actions (login required)

View Item View Item