Analisis hukum islam terhadap fenomena membujang pada wanita karir di Kelurahan Magetan Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Adhim, Risna Hanum Qiro'atul (2023) Analisis hukum islam terhadap fenomena membujang pada wanita karir di Kelurahan Magetan Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risna Hanum Qiro’atul ‘Adhim_05010120025 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Risna Hanum Qiro’atul ‘Adhim_05010120025 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Wanita karir yang memilih hidup tanpa menikah, dikenal sebagai "membujang" menjadi fokus penelitian yang meningkat di masyarakat belakangan ini. Fenomena ini mencerminkan perubahan peran dan ekspektasi sosial terhadap perempuan. Skripsi ini menjawab dua rumusan masalah: perilaku membujang wanita karir di Kelurahan Magetan, dan tinjauan hukum Islam terhadap perilaku tersebut. Data penelitian ini dihimpun menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur dan observasi. Penyamaran nama informan dalam penelitian ini bertujuan untuk menjaga privasi dan memberikan kenyamanan kepada informan, sesuai dengan prinsip etika penelitian sosial. Teknik analisis data dalam penelitian ini menerapkan pendekatan analisis interaksi yang bertujuan menghasilkan data konkret mengenai alasan-alasan wanita karir memilih untuk tidak menikah atau menunda pernikahan. Penting diingat bahwa setiap individu memiliki alasan unik untuk keputusan mereka, dan tidak ada satu alasan tunggal yang berlaku untuk semua orang. Data tersebut selanjutnya diolah dan dianalisis dengan menggunakan teori hukum Islam. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: pertama, wanita karir di Kelurahan Magetan memilih hidup membujang dengan beragam motivasi, seperti kebebasan, fleksibilitas, fokus pada karir, tuntutan sosial, kondisi keluarga yang menyangkut pengalaman pribadi dan pilihan hidup. Pilihan hidup membujang pada wanita karir berasal dari berbagai motivasi individu, dan masyarakat perlu menghargai keragaman ini untuk mendukung wanita mencapai kebahagiaan dan kesuksesan sesuai pilihan hidup mereka. Kedua, dari perspektif maṣlaḥah mursalah, pilihan hidup membujang wanita karir di Kelurahan Magetan mencerminkan langkah yang bermakna dengan fokus pada kemaslahatan umum. Meskipun pandangan beragam, pemahaman inklusif terhadap pilihan hidup menjadi kunci untuk menciptakan masyarakat yang menerima dan menghormati keberagaman demi mencapai kemaslahatan bersama.
Sejalan dengan kesimpulan di atas, saran peneliti terkait pilihan hidup membujang pada wanita karir mencakup beberapa langkah penting: meningkatkan pendidikan dan kesadaran wanita, edukasi keluarga, perhatian pada keseimbangan karir dan keluarga, keterlibatan tokoh agama dan pemimpin komunitas, serta mendorong kesetaraan gender, pemberdayaan ekonomi, dukungan psikologis, dan penelitian lebih lanjut. Dengan langkah-langkah ini, masyarakat dapat mendukung pilihan hidup yang sesuai bagi wanita karir yang memilih membujang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Adhim, Risna Hanum Qiro'atulhanumrisnaa@gmail.com05010120025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusarrofa, Itaitaisme@gmail.com2001087901
Subjects: Hukum Islam
Perkawinan
Wanita
Karier
Keywords: Wanita; wanita karir; membujang
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Risna Hanum
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:39
Last Modified: 02 Jan 2024 01:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66960

Actions (login required)

View Item View Item