Kegelapan dan gelombang internal di kedalaman laut pada Surah Al Nur Ayat 40 perspektif Zaglul Al Najjar: telaah tafsir Ilmy dan relevansinya terhadap fakta sains modern

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roif, Muhammad (2023) Kegelapan dan gelombang internal di kedalaman laut pada Surah Al Nur Ayat 40 perspektif Zaglul Al Najjar: telaah tafsir Ilmy dan relevansinya terhadap fakta sains modern. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Roif_07020320061 OK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
Muhammad Roif_07020320061 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Salah satu karakteristik dari sains adalah sifatnya yang provisonal; teori dan fakta bisa berubah seiring dengan perkembangan pengetahuan. Oleh karena itu, penafsiran yang khususnya menggunakan corak ilmi seperti Zaglul al Najjar, perlu dikaji ulang dalam konteks pengetahuan sains modern. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penafsiran Zaglul al Najjar tentang kegelapan dan gelombang internal di kedalaman laut pada ayat 40 surah al Nur? 2) Bagaimana relevansi interpretasi Zaglul al Najjar terhadap fakta sains modern tentang kegelapan dan gelombang internal di kedalaman laut?. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam mengeksplorasi penafsiran dan temuan Zaglul al Najjar terkait fakta ilmiah kegelapan dan gelombang internal di kedalaman laut yang kemudian akan dibandingkan dengan temua fakta ilmiah modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Zaglul al Najjar dalam penafsirannya terhadap Surah An Nur ayat 40 menyajikan perspektif yang sangat ilmiah mengenai fenomena alam yang terkandung dalam ayat tersebut. Penjelasannya dimulai dengan menggambarkan kompleksitas interaksi cahaya matahari dengan atmosfer dan permukaan bumi, termasuk peran penting ozon dan awan dalam menentukan sejauh mana cahaya matahari mencapai permukaan. Lebih lanjut, penafsiran Zaglul al Najjar membahas bagaimana gelombang permukaan laut turut berkontribusi dalam menciptakan kegelapan tambahan di permukaan air. Penguraian ini melibatkan penjelasan mengenai pemanfaatan sinar inframerah dalam proses alamiah di laut, serta bagaimana gelombang laut memantulkan dan menyerap sejumlah cahaya matahari sehingga menciptakan kondisi yang lebih gelap. Selain itu, Zaglul al Najjar menyampaikan pengetahuan tentang perubahan unsur warna cahaya pada air laut seiring bertambahnya kedalaman dan kompleksitas interaksi antara cahaya matahari dengan materi dalam air. Pemahaman terperinci ini kemudian diperluas untuk mencakup kondisi di kedalaman laut yang sangat dalam, dengan pembahasan tentang Gelombang Internal yang menciptakan kegelapan total di dasar laut. Penafsiran ini mencakup penjelasan tentang bagaimana gelombang Internal terbentuk dan memengaruhi penyebaran cahaya di laut dalam, menciptakan kondisi kegelapan yang ekstrem. Kesimpulannya, penafsiran Zaglul al Najjar dalam menyampaikan gagasan ayat ini mencerminkan pengetahuan ilmiah yang akurat tentang kondisi alam di laut, sekaligus mengandung pesan spiritual tentang cahaya rohani yang berasal dari Allah sebagai sumber petunjuk dalam kehidupan manusia. 2) Perbandingan antara perspektif fakta sains modern dan penafsiran Zaglul al Najjar tentang tema aspek ilmiah kegelapan dan gelombang internal di kedalaman laut menunjukkan bahwa keduanya memiliki keterkaitan yang saling melengkapi dan signifikan dalam menjelaskan fenomena alam, khususnya terkait dengan kedalaman laut dan interaksi cahaya matahari dengan air laut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roif, Muhammadroiftenang@gmail.com07020320061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarrofah, MusyarrofahMusyarrofah@uinsby.ac.id2014067102
Subjects: Ilmu Kelautan
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Zaglul al Najjar; Relevansi penafsiran.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Roif
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:20
Last Modified: 02 Jan 2024 02:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66966

Actions (login required)

View Item View Item