Kerugian konsumen dalam jual beli online perspektif hadis: kajian ma’anil hadits riwayat Imam Tirmidzi no indeks 1230

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Nadila Roudatul (2023) Kerugian konsumen dalam jual beli online perspektif hadis: kajian ma’anil hadits riwayat Imam Tirmidzi no indeks 1230. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadila Roudatul Jannah_07040520091 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2027.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Nadila Roudatul Jannah_07040520091.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jual beli online adalah penjualan pembelian produk, informasi, dan jasa yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan, baik itu komputer, hp, tablet maupun alat teknologi yang lainnya. Dengan adanya fasilitas internet, maka setiap orang memiliki kesempatan untuk melakukan jual beli online. Dalam jual beli online banyak para konsumen mengeluh karena tidak semua produk yang ditawarkan pada jual beli online itu sama persis dengan senyatanya. Dalam penelitian ini penulis akan membahas hadis tentang kerugian konsumen yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi nomor indeks 1230 dengan tiga rumusan masalah. Pertama, penelitian terhadap kualitas dan kehujjahan hadis. Kedua¸ penelitian terhadap pemaknaan hadis. Ketiga, analisis hadis kerugian konsumen dalam jual beli online. Penelitian ini disajikan dalam model penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Library Research (penelitian perpustakaan), sehingga dalam proses analisisnya dilakukan dengan mengumpulkan data primer dan sekunder dari berbagai kitab, jurnal, buku, dan sumber lainnya yang berhubungan dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan teori keshahihan hadis, teori kehujjahan hadis, dan teori ilmu ma’anil hadis. Dari analisa yang dilakukan, terdapat beberapa poin penting yang dihasilkan oleh penulis dalam penelitian ini. Pertama, derajat hadis riwayat Imam Tirmidzi nomor indeks 1230 shahih li ghayrihi dan masih dapat dijadikan hujjah serta diamalkan. Kedua, makna dari hadis utama ditunjukkan kepada seseorang yang menjual produk, informasi maupun jasa agar tidak melakukan gharar (jual beli yang mengandung unsur penipuan), Ketiga, relevansi hadis tentang kerugian konsumen dalam jual beli online di kalangan masyarakat yang terjadi saat ini, hadis ini erat hubungannya dengan problematika saat ini kebanyakan masyarakat memilih jual beli online tanpa pikir panjang sehingga mengakibatkan beberapa kerugian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Nadila Roudatul07040520091@student.uinsby.ac.id07040520091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Jual Beli
Hadis
Keywords: Konsumen; jual beli online; perspektif hadis; hadits riwayat Imam Tirmidzi no indeks 1230
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Nadila Roudatul Jannah
Date Deposited: 03 Jan 2024 07:11
Last Modified: 03 Jan 2024 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66971

Actions (login required)

View Item View Item