Tafassahu fi al-majalis dalam Q.S. al-Mujadalah ayat 11: studi aplikasi metode kontekstual Abdullah Saeed

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabilah, Putri (2023) Tafassahu fi al-majalis dalam Q.S. al-Mujadalah ayat 11: studi aplikasi metode kontekstual Abdullah Saeed. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
PutrI Nabilah_E73219063 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2027.

Download (740kB)
[img] Text
PutrI Nabilah_E73219063.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini membahas tentang penafsiran tafassah}u> fi> al-maja>lis dalam QS. Al-Muja>dalah ayat 11 dengan menggunakan metode kontekstual Abdullah Saeed sebagai respons terhadap perilaku masyarakat dalam bermajelis. Hal ini dianggap penting karena umat islam seharusnya memiliki sikap berlapang-lapang dalam majelis kepada umat islam yang lain. Namun realitanya banyak umat islam yang kurang menghormati terutama para pemuda sekarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research) menggunakan model penelitian kualitatif. Dalam menyajikannya menggunakan deskriptif-analitis. Penggalian tentang makna tafassah}u> fi> al-maja>lis dalam QS. Al-Muja>dalah ayat 11 dalam Al-Qur’an menggunakan tafsir tematik konseptual yang berupa menjelaskan konsep yang belum dijelaskan terperinci dalam Al-Qur’an. Hasil penelitian ini menghasilkan dua temuan penting : 1) Pengaplikasian makna tafassahu fi al-majalis dalam Al-Qur’an berdasarkan penerapan metode Abdullah Saeed melalui empat langkahnya pada QS. Al-Muja>dalah Ayat 11 yang menafsirkan makna tafassahu fi al-majalis dengan berlapang-lapang dalam majelis yakni memberikan tempat kepada orang lain, bukan hanya dalam majelis saja tetapi semua majelis, baik majelis ilmu, jihad atau majelis Rasulullah. Bahkan ditempat umum sekalipun. 2) Jika direlevansikan pada zaman sekarang, maka makna tafassah}u> fi> al-maja>lis yakni melapangkan dalam majelis ini bukan hanya memberikan tempat kepada orang lain di suatu majelis saja, akan tetapi di terapkan disegala aspek seperti salah satu contoh memberikan tempat duduk di tempat umum atau suatu kendaraan untuk orang tua, ibu hamil atau orang yang lebih membutuhkan. Alangkah baiknya kita memberikan tempat tersebut kepada mereka. Maka akan menumbuhkan rasa saling menghormati, saling menyayangi, bahkan ilmu pun akan mudah diterima. Maka sikap tafassahu fi al-majalis bisa diterapkan dari segala aspek bukan hanya dalam majelis saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabilah, Putriputrinabilah86@gmail.comE73219063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwanto, Purwantojalamakna@gmail.com2017047802
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Tafassahu fi al-majalis; metode kontekstual Abdullah Saeed
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Putri Nabilah
Date Deposited: 03 Jan 2024 07:38
Last Modified: 03 Jan 2024 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66973

Actions (login required)

View Item View Item