Analisis strategi promosi afiliator dalam meningkatkan brand awareness pada program affiliate marketing: studi kasus afiliator tiktokshop cleora beauty

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Damaysari, Nur Alifa (2023) Analisis strategi promosi afiliator dalam meningkatkan brand awareness pada program affiliate marketing: studi kasus afiliator tiktokshop cleora beauty. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Alifa Damaysari_G73219049 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 January 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Nur Alifa Damaysari_G73219049.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam era digital yang semakin berkembang,’media sosial menjadi salah satu platform‘yang penting bagi perusahaan untuk meningkatkan brand awareness. Salah satunya media sosial Tiktok yang memiliki fitur Tiktok Shop dan program Tiktok Affiliate. Salah satu brand lokal‘skincare Cleora Beauty membuka program affiliate marketing di Tiktok‘untuk meningkatkan‘brand awareness dalam menghadapi persaingan bisnis skincare di dunia digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi afiliator yang bergabung di Tiktok Shop Cleora Beauty’dalam meningkatkan‘brand‘awareness. ‘Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan informan dalam penelitian ini adalah beberapa afiliator Tiktok Cleora.’Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan wawancara semi terstruktur, penelusuran data online dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam prakteknya afiliator Cleora Beauty dalam kegiatan promosi di media sosial Tiktok. Strategi promosi yang dilakukan di media sosial Tiktok sesuai dengan konsep 4C dari Chris Heuer meliputi: Context dalam promosi dibuat dengan melakukan pemilihan konten video yang akan di posting serta pemberian caption yang unik. Communication dibangun dengan menyampaikan informasi produk secara jelas mulai dari jenis produk, dan promo yang tersedia. Collaboration dengan pelanggan di media sosial dibentuk dengan merespon pelanggan berupa membalas komentar dari pelanggan dan sticth komentar dengan balasan video pelanggan tentang produk Cleora Beauty. Connection pun terbentuk dengan sendirinya melalui respon baik yang telah dilakukan oleh afiliator kepada pelanggan. Strategi yang dilakukan pun dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan adanya produk Cleora di Tiktok, ditandai dengan komentar, like, share di akun Tiktok Afiliator. Penelitian ini hanya membahas tentang strategi promosi yang digunakan dalam meningkatkan brand awareness produk Cleora Beauty di Tiktok Shop, oleh karena itu peneliti berharap penelitian berikutnya dapat mengkaji lebih dalam lagi dampak strategi promosi terhadap peningkatan penjualan Cleora Beauty.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Damaysari, Nur Alifadamaysarin@gmail.comG73219049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@uinsby.ac.id197507032007012020
Thesis advisorAini, Saqofa NabilahSAQOFA.NABILAH.AINI@uinsby.ac.id199301092020122028
Subjects: Internet
Manajemen
Keywords: Strategi promosi afiliator; brand awareness; afiliator tiktokshop
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Nur Alifa Damaysari
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:17
Last Modified: 02 Jan 2024 07:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66974

Actions (login required)

View Item View Item