Pemberdayaan masyarakat pinggir rel melalui optimalisasi eco green minyak jelantah sebagai gerakan peduli lingkungan di Kampung Dupak Magersari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabila, Regita Putri (2023) Pemberdayaan masyarakat pinggir rel melalui optimalisasi eco green minyak jelantah sebagai gerakan peduli lingkungan di Kampung Dupak Magersari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Regita Putri Nabila_B02219035 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 January 2027.

Download (13MB)
[img] Text
Regita Putri Nabila_B02219035.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengoptimalan aset yang ada di Kampung Dupak Magersari RT 01 RW 09. Penelitian ini berfokus pada tiga hal. Pertama, gambaran potensi atau aset yang ada di Kampung Dupak Magersari, kedua, proses pemberdayaan yang dilakukan kepada masyarakat Kampung Pinggir Rel melalui kegiatan eco green minyak jelantah, dan yang ketiga, hasil pemberdayaan masyarakat pinggir rel sebagai gerakan peduli lingkungan di Kampung Dupak Magersari. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ABCD (Asset Based Community Development) yakni pendekatan berbasis aset. Terdapat lima tahapan yaitu Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny yang disebut dengan 5D. Dalam penelitian ini terdapat aset SDM berupa pengetahuan (head), keterampilan (hand), serta empati (heart) yang dikembangkan untuk mengoptimalkan eco green minyak jelantah di kampung Dupak Magersari. Upaya pemberdayaan yang dilakukan dalam kegiatan ini yakni edukasi tentang minyak jelantah, pelatihan membuat lilin aromaterapi dari minyak jelantah, serta branding lilin aromaterapi. Hasil yang dari penelitian ini yaitu masyarakat mulai sadar mengenai dampak dari minyak jelantah khususnya bagi lingkungan. Masyarakat dapat mempraktekkan bersama pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah dan hasil penjualan lilin tersebut dapat dikembangkan kembali pada Rencana Tindak Lanjut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabila, Regita Putrirregitanabila06@gmail.comB02219035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nurnursyam7@yahoo.co.id2007055801
Subjects: Daur Ulang
Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; masyarakat pinggir rel; eco green; potensi lingkungan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Regita Putri Nabila
Date Deposited: 02 Jan 2024 03:10
Last Modified: 02 Jan 2024 03:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66976

Actions (login required)

View Item View Item