Pemberdayaan komunitas petani hutan dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi di Dusun Moncong Jai Desa Rompegading Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros Sulawesi Selatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mailinda, Lia (2023) Pemberdayaan komunitas petani hutan dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi di Dusun Moncong Jai Desa Rompegading Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lia Mailinda_B52218038 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 January 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Lia Mailinda_B52218038.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada aset alam yang dimiliki masyarakat Dusun Moncong Jai yaitu hasil hutan berupa pohon aren. Strategi yang dilakukan untuk mencapai perubahan yang diharapkan yaitu dimulai dengan mengajak masyrakat khusunya komunitas petani hutan untuk berdiskusi, memberikan edukasi, melakukan pelatihan manajemen mengenai pengelolaan hasil aren, pengemasan, pemasaran dan penguatan kelembagaan komunitas petani hutan serta mendapatkan dukungan dari Pemerintah Desa. Penelitian ini menggunakan metode ABCD yang mengutamakan aset atau potensi yang dimiliki masyarakat. Kegiatan pendampingan ini diwujudkan melalui tahapan 5-D yaitu Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Pendampingan ini diikuti oleh komunitas petani hutan di Dusun Moncong Jai. Hasil dari penelitian dapat dilihat dari adanya perubahan pada masyarakat. Perubahan yang terjadi setelah adanya pendampingan adalah adanya pendidikan dan pelatihan, adanya inovasi baru dalam pengolahan aren, terbentuknya kelompok wirausaha bersama, masyarakat memiliki mitra jaringan usaha, terbentuknya draf pengajuan legalitas kelompok usaha, dan masyarakat sudah dapat menambah pendapatan ekonomi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mailinda, Lialiamailinda3@gmail.comB52218038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Moh.anshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Kesejahteraan Sosial
Pemberdayaan
Keywords: Aset; pengelolaan SDA; komunitas petani hutan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Lia Mailinda
Date Deposited: 02 Jan 2024 03:01
Last Modified: 02 Jan 2024 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66978

Actions (login required)

View Item View Item