Hadis tentang suami yang tidak menafkahi istri: kajian Ma’anil hadis Sunan Ibn Majah nomor indeks 2293

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'ruf, Sahal Imam (2023) Hadis tentang suami yang tidak menafkahi istri: kajian Ma’anil hadis Sunan Ibn Majah nomor indeks 2293. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sahal Imam Ma'ruf_E05218024 OK.pdf

Download (539kB)
[img] Text
Sahal Imam Ma'ruf_E05218024 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 December 2026.

Download (3MB)

Abstract

Al-Qur'an dan Hadis pada hakekatnya adalah sumber hukum dan petunjuk bagi manusia. Penelitian ini tampaknya dilatarbelakangi oleh keadaan sebagian suami yang tidak mampu membiayai istrinya karena istrinya sudah bekerja. Meskipun seorang suami wajib menafkahi istrinya, bagaimana hadits menyikapi keadaan yang tidak menyenangkan ini? Kajian ini berfokus pada: Pertama, bagaimana kesahihan dan kualitas hadis dalam kitab Sunan Ibnu Majah nomor indeks 2293? Kedua, apa arti hadits nomor indeks 2293 dalam kitab Sunan Ibnu Majah? Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif yang datanya berasal dari pustaka (library research) dan disajikan secara deskriptif dan analitis. Hadits ini dikaji dengan menggunakan kaidah kritik sanad dan matan hadits, i'tibar, takhrij hadits, dan kaidah jarh wa ta'dil, sedangkan pemaknaannya dipahami dengan metode hadits ma'anil dengan menganalisis makna kontekstualnya. hadits dalam kaitannya dengan penjelasan syarahnya. Temuan penelitian ini. Pertama, kualitas hadis tentang suami yang tidak menafkahi istrinya dengan karir adalah shahih lidhatihi, namun ditinjau dari segi hujjahannya, hadits ini termasuk dalam kategori hadits maqbul yaitu ma' mulun bih, yaitu dapat dimanfaatkan baik untuk hujjah maupun amalan. Kedua, hadits ini menganjurkan agar suami menafkahi istrinya, tetapi jika ia lalai melakukannya sementara ia mampu atau kaya, maka wanita itu diperbolehkan mengambil hanya yang diperlukan dan tidak berlebihan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'ruf, Sahal Imamimamsahal30@gmail.comE05218024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Hadis
Keywords: Sunan Ibnu Majah; Nafkah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Dec 2023 10:45
Last Modified: 30 Dec 2023 10:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66979

Actions (login required)

View Item View Item