Pemahaman bacaan ayat-ayat al-quran dalam Hadrah Basaudan di Masjid Assegaf Kebonagung Pasuruan Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chabieb, Ach. Naufal (2022) Pemahaman bacaan ayat-ayat al-quran dalam Hadrah Basaudan di Masjid Assegaf Kebonagung Pasuruan Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ach. Naufal Chabieb_E03217003 OK.pdf

Download (667kB)
[img] Text
Ach. Naufal Chabieb_E03217003 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 December 2026.

Download (3MB)

Abstract

Jenis penelitian pada penelitian ini berupa pendekatan living quran. Adapun terkait jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau dapat disebut juga dengan field research. Pada penelitian ini akan mengambil sebuah data dan mengolahnya dari beberapa kumpulan data yang ada di lapangan berkaitan dengan tradisi bacaan hadrah basaudan di Pasuruan yang isinya tentang bacaan Alquran. Fenomenologi menjelaskan terkait suatu fenomena dan pemaknaannya oleh seseorang atau dalam kata lain berupaya mengungkap pengalaman seseorang terhadap suatu fenomena melalui sebuah wawancara dengan pertanyaan-pertanyaan yang sudah disediakan. Pelaksanaan Hadrah Basaudan studi living quran pada Masyarakat Kebonagung Pasuruan Jawa Timur dilakukan pada setiap hari selasa, diadakan setiap satu minggu sekali. Prosesi yang dilakukan dengan adanya pengantar acara dengan membacakan susunan acara, kemudian dilanjut dengan pembacaan Hadrah Basaudan, lalu diikuti dengan adanya pengajian dan terakhir ialah doa bersama. Beberapa sarana yang didapat pada saat mengikuti tradisi pembacaan Hadrah Basaudan ialah adanya sarana silaturahim, adanya sarana mendoakan para leluhur yang telah meninggal mendahului, adanya sarana keagamaan dan ibadah serta adanya sarana wawasan keilmuan. Makna yang dipahami masyarakat tentang Hadrah Basaudan di Kebonagung Pasuruan Jawa Timur ialah ditinjau dari segi fungsinya Hadrah Basaudan merupakan sebuah petunjuk dalam kehidupan sehari-hari. Hadrah Basaudan juga memberikan ketentraman dalam jiwa hingga mudah dalam melangkah karena mengerti mana yang hak dan mana yang batil. Hadrah Basaudan memiliki tujuan agar selalu mengingat Allah Swt. dan Rasul-Nya. Disela-sela pembacaan Hadrah Basaudan adanya sebuah pengajian yang dapat diambil hikmahnya dengan adanya sebuah nasihat dan pelajaran bagi para jamaah yang mengikutinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chabieb, Ach. Naufalchabieb.n7@gmail.comE03217003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Kesenian > Kesenian Islam
Keywords: Ayat-ayat Al-Quran; Pembacaan Hadrah Basaudan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Jan 2024 06:51
Last Modified: 01 Jan 2024 06:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66991

Actions (login required)

View Item View Item