Pengaruh rasio keuangan terhadap kebijakan dividen dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi: studi pada lima subsektor manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2018-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamia, Nur (2023) Pengaruh rasio keuangan terhadap kebijakan dividen dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi: studi pada lima subsektor manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Islamia_08040320100 OK.pdf

Download (966kB)
[img] Text
Nur Islamia_08040320100 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 December 2027.

Download (2MB)

Abstract

Rasio keuangan diperlukan calon investor dalam analisis untuk pemilihan objek perusahaan yang akan dijadikan tempat berinvestasi. Dengan menilai kinerja perusahaan melalui perhitungan rasio, investor dapat mengukur risiko serta bagi manajemen dapat digunakan untuk memperbaiki strategi dan kebijakan perusahaan. Ukuran perusahaan juga menjadi salah satu daya tarik calon investor dalam berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh rasio keuangan terhadap kebijakan dividen dengan ukuran perusahaan sebagai Variabel Moderasi studi lima subsektor manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2018-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data panel yang diolah menggunakan software EVIEWS 12, serta menggunakan metode analisis regresi data panel dan Moderate Regression Analysis (MRA) yang dilengkapi dengan uji pemilihan model Chow, Uji Hausman dan Uji Lagrange Multiplier. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Kedua, Likuiditas tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Ketiga, leverage berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Keempat, ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kebijakan dividen. Kelima, ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap kebijakan dividen. Keenam, ukuran perusahaan tidak mampu memoderasi pengaruh likuiditas terhadap kebijakan dividen. Ketujuh, ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh leverage terhadap kebijakan dividen. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak perusahaan yang akan membagikan dividen hendaknya melihat ketersediaan kas yang dimiliki perusahaan tersebut. Walaupun perusahaan mempunyai laba yang besar pada periode tertentu, tetapi jika ketersediaan kas yang dimiliki perusahaan dalam kondisi tidak baik. Maka perusahaan mungkin tidak akan membagikan dividen. Serta bagi perusahaan, juga harus dapat mengoptimalkan penggunaan asetnya untuk mendapatkan laba yang maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamia, Nur08040320100@student.uinsby.ac.id08040320100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustin, Riskariska.agustin@uinsby.ac.id2017089303
Subjects: Ekonomi
Keuangan > Keuangan - Manajemen
Keywords: Profitabilitas; Likuiditas; Leverage; Kebijakan Dividen; Ukuran Perusahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Nur Islamia
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:13
Last Modified: 17 Jan 2024 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67006

Actions (login required)

View Item View Item