Analisis pengelolaan dana desa di desa Jumputrejo kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputri, Wilyana Taris (2024) Analisis pengelolaan dana desa di desa Jumputrejo kecamatan Sukodono kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wilyana Taris Saputri_G02219038 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Wilyana Taris Saputri_G02219038.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis pengelolaan Dana Desa di Desa Jumputrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Mengacu pada Buku Pintar Dana Desa, pengelolaan keuangan desa terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban. Terdapat pengukuran kinerja sektor publik serta bentuk transparansi yang telah dilakukan pemerintah desa Jumputrejo. Penelitian ini berfokus pada pengelolaan Dana Desa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eskplanatoris, dimana metode ini digunakan untuk menjelaskan bagaimana analisis pengelolaan Dana Desa di Desa Jumputrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Metode pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan desa Jumputrejo masih belum sesuai dengan prosedur pengelolaan keuangan desa. Dimana terdapat adanya penyimpangan tugas dari masing-masing jabatan dan belum adanya ketepatan waktu dalam menyampaikan laporan. Diperlukan evaluasi dan peningkatan secara maksimal terhadap program-program yang telah dijalankan. Dari segi transparansi dan akuntabilitas yang dilakukan sudah baik. Berdasarkan pengukuran kinerja sektor publik pada Laporan Realisasi Anggaran, bahwa tingkat ekonomis 99% artinya ekonomis, tingkat efisiensi 104% artinya tidak efisien, tingkat efektivitas 100% artinya efektivitas berimbang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputri, Wilyana Tarisg02219038@student.uinsby.ac.idG02219038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchori, Imambuchenanina@gmail.com2026096801
Subjects: Akuntansi
Kepala Desa
Manajemen
Keywords: Pengelolaan dana; desa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Wilyana Taris Saputri
Date Deposited: 04 Jan 2024 04:18
Last Modified: 04 Jan 2024 04:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67017

Actions (login required)

View Item View Item