Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model PBL dengan pendekatan science, technology, engineering and mathematics (STEM) berbantuan aplikasi live worksheet untuk melatih literasi numerasi peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahidah, Silvia Nur (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model PBL dengan pendekatan science, technology, engineering and mathematics (STEM) berbantuan aplikasi live worksheet untuk melatih literasi numerasi peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvia Nur Syahidah_D04219013 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (7MB)
[img] Text
Silvia Nur Syahidah_D04219013.pdf

Download (7MB)

Abstract

Model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai orientasi pembelajarannya. Pembelajaran yang diberikan berdasarkan permasalahan dengan kehidupan nyata sebagai bahan untuk belajar dan memahami dalam empat aspek sains, teknologi, teknik dan matematika untuk membantu membentuk kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model PBL dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) berbantuan aplikasi live worksheet agar menjadi perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk melatih literasi numerasi. Perangkat yang dikembangkan berupa RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang mengacu pada pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dan E-LKPD (Elektronik- Lembar Kerja Peserta Didik) yang dikembangkan dengan aplikasi live worksheet. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Penelitian ini diterapkan kepada siswa kelas VIII-I di MTs Darul Ulum Waru sebanyak 32 anak. Data dikumpulkan dengan beberapa teknik yaitu catatan lapangan (field note), validasi, angket respon peserta didik dan tes literasi numerasi. Data yang diperoleh tersebut akan dianalisis menggunakan analisis proses pengembangan dengan catatan lapangan (field note), analisis kevalidan, analisis kepraktisan dengan lembar validasi dan analisis keefektifan dengan angket respon dan hasil tes literasi numerasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Pada proses pengembangan, pada tahap analisis didapatkan data mengenai materi, perangkat pembelajaran yang digunakan dan kurikulum yang digunakan pada MTs Darul Ulum Waru yaitu kurikulum 2013. Pada tahap perancangan, didapatkan rancangan perangkat pembelajaran secara konseptual dan lembar validasi untuk menilai perangkat pembelajaran. Pada tahap pengembangan, menghasilkan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dan divalidasi. Pada tahap penerapan, menerapkan perangkat pembelajaran kepada siswa kelas VIII-I di MTs Darul Ulum Waru pada dua pertemuan. Pada tahap evaluasi, didapatkan hasil evaluasi dan hasil olah data untuk mengetahui nilai keefektifan dari perangkat pembelajaran yang diterapkan. 2) Perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” dengan nilai rata-rata total kevalidan RPP sebesar 3,9 dan E-LKPD dinyatakan “sangat valid” dengan nilai rata-rata total kevalidan sebesar 4,056. 3) Perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” dengan rata-rata total nilai kepraktisan RPP sebesar 80,9 dan E-LKPD sebesar 81,36 sehingga semua perangkat pembelajaran berkategori “B” yang berarti dapat digunakan dengan sedikit revisi. 4) Perangkat pembelajaran dinyatakan “efektif” untuk melatih literasi numerasi peserta didik karena mendapatkan respon dari peserta didik “sangat positif” dengan persentase 86,2% dan nilai rata-rata hasil tes sebesar 85,67 dengan kategori kemampuan literasi numerasi “tinggi” serta persentase ketuntasan klasikal lebih dari 75% yaitu sebesar 81,25%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahidah, Silvia Nursilvianursyahidah12@gmail.comD04219013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Keywords: Pembelajaran matematika; model PBL; pendekatan science; technology; engineering and mathematics (STEM)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Silvia Nur Syahidah
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:47
Last Modified: 04 Jan 2024 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67020

Actions (login required)

View Item View Item