Pengaruh media sosial Instagram terhadap elektabilitas Yuhronnur Effendi dan KH.Abdur Rouf dalam pilkada Kabupaten Lamongan 2020 pada Masa pandemi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugroho, Haris Tomi (2023) Pengaruh media sosial Instagram terhadap elektabilitas Yuhronnur Effendi dan KH.Abdur Rouf dalam pilkada Kabupaten Lamongan 2020 pada Masa pandemi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Haris Tomi Nugroho_I91218072 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Haris Tomi Nugroho_I9121807 OK.pdf

Download (466kB)

Abstract

Media Sosial adalah sebuah dunia baru yang sangat digandrungi oleh semua kalangan, pada saat ini hampir seluruh sendi bergerak menggunakan media sosial sebagai dynamo mereka, tidak terlepas dunia politik, dibelahan dunia manapun manusia saat ini sungguhlah tidak bisa terlepas dari gadget yang menjadi sumber informasi dan sumber pengetahuan dengan berbagai macam platform seperti Youtube, Twitter, Facebook, whatsapp, dan instagram atau aplikasi pewartaan. Politik tidak akan pernah mati dan akan selalu beradaptasi dengan jaman,hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya partai politik di Indonesia yang sudah berlalu-lalang di berbagai macam platform media sosial. Media sosial juga menjadi pilihan bagi para pasangan calon yang akan berkontestasi dalam sebuah pemilihan. ( mengikuti pilkada lamongan, mengamati hasil, mengamati cara kampanye, mengumpulkan data dari pendukung, melakukan pengolahan data, hasil penelitian, )Penelitian ini dipilih oleh peneliti dikarenakan keunikannya yang berhubungan dengan model kampanye baru dan ditengah – tengah kondisi pandemi, Pada Pilkada Kabupaten Lamongan tahun 2020 para calon Bupati dan Wakil Bupat sudah menggunakan media sosial sebagai alat kampanye khususnya adalah instagram, tidak terkecuali pasangan nomor urut 2 yaitu Yuhronnur Effendi dan KH. Abdur Rouf. Pasangan nomor urut 2 memanfaatkan instagram dengan membuat akun kampanye bernama @lamongan_yes. Peneliti mengamati jalannya akun kampanye tersebut secara online melalui berbagai postingan yang dibuat. Pada pilkada tersebut paslon nomor 2 menang dengan selisih yang jauh dari lawan yang lainnya dengan tingkat elektabilitas yang tinggi, dengan elektabilitas yang tinggi dan juga model kampanye terbaru melalui instagram apakah ada korelasi diantara dua hal tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ini adalah sebuah tipe penelitian yang berasalkan dari pemikiran dan perhitungan yang digunakan untuk meneliti sebuah sampel atau populasi tertentu yang bersifat statistik yang berguna untuk menguji hipotesis yang telah ditentukan. Untuk menemukan korelasi diantara keduanya peneliti melakukan penelitian ini dengan mengumpulkan data secara online melalui para follower dari akun @lamongan_yes dengan melakukan komunikasi dengan para follower dan memberikan angket melalui direct massage. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa besarnya cakupan dan sebaran dari pengguna Instagram di kabupaten Lamongan masih belum mampu untuk mempengaruhi para pemilih dalam sebuah kontestasi, meskipun para pasangan calon sudah memiliki akun instagram-nya masing-masing untuk melakukan kampanye secara besar-besaran di media sosial, hal tersebut karena kurangnya kesadaran berpolitik serta masih marak dan kuatnya praktek politik ketokohan dan politik uang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugroho, Haris Tomiharistomi4@gmail.comI91218072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolis, Moh. Ilyasharistomi4@gmail.com2018047701
Subjects: Demokrasi
Keywords: Media Sosial Instagram; Pilkada; Elektabilitas.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: HARIS TOMI NUGROHO
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:49
Last Modified: 09 Jan 2024 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67037

Actions (login required)

View Item View Item