Dinamika parameter visibilitas hilal pada zaman klasik, pertengahan dan modern

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardini, Shirly (2023) Dinamika parameter visibilitas hilal pada zaman klasik, pertengahan dan modern. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shirly Ardini_C06219028 OK.pdf

Download (472kB)
[img] Text
Shirly Ardini_C06219028 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Kriteria visibilitas hilal telah ditemukan pada era zaman klasik dan dilanjutkan era pertengahan, lalu era modern. Hal ini menunjukkan bahwa visibilitas hilal teridentifikasi mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Dengan ini dilakukan kajian terhadap nilai kriteria pada era-era tersebut dan dapat ditemukan perbedaan maupun persamaan yang signifikan. Penulis mendapatkan penelitian dengan judul Dinamika Parameter Visibilitas Hilal Pada Zaman Klasik, Pertengahan Dan Modern. Pada skripsi ini akan menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah: Bagaimana parameter visibilitas hilal pada zaman klasik, pertengahan dan modern?, serta bagaimana analisis komparatif parameter visibilitas hilal pada zaman klasik, pertengahan, dan modern?. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang memperoleh data primer berupa penelitian asli dari beberapa tokoh yang menciptakan kriteria visibilitas hilal. Lalu data sekunder dari buku-buku beserta jurnal dan artikel yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu dinamika parameter visibilitas hilal pada zaman klasik, pertengahan dan modern. Agar memperoleh data yang valid data penelitian diperoleh berdasarkan teknik studi pustaka (library research). Lalu teknik menganalisis dara menggunakan deskriptif kualitatif dengan menyusun secara sistematis data yang diperoleh kemudian menjadi sebuah data yang konkret mengenai parameter visibilitas hilal dari zaman klasik, pertengahan, dan modern. Penelitian ini mendapatkan kesimpulan berupa: pertama, pada setiap zaman terdapat faktor-faktor seperti elongasi, ketinggian hilal, umur bulan, sudut depresi matahari, lag time, beda azimuth yang mempengaruhi nilai kriteria visibilitas hilal yang menyebabkan adanya perbedaan meupun persamaan dari setiap zaman dengan. Kedua, dikarenakan adanya perbedaan dan persamaan dari tiap zaman maka, penulis mengidentifikasi adanya perbedaan dan persamaan yang di lihat dari kriteria-kriteria yang ditemukan dalam buku, jurnal maupun artikel dengan membandingkan faktor apa yang mempengaruhi adanya perbedaan pada kriteria tersebut. Sejalan dengan kesimpulan yang telah dicantumkan, penulis menyarankan untuk melakukan kajian ulang terhadap kriteria visibilitas hilal melalui adanya tokoh yang pernah menciptakan nilai kriteria berdasarkan zaman dan pengalaman ilmuwan, tokoh dan para ahli agar dapat diketahui dan dipahami oleh masyarakat Muslim seluruh dunia. Penulis pun menyarankan pembuktian secara studi lapangan terkait kriteria prediksi keterlihatan hilal atau awal bulan agar dapat mengetahui bagaimana perbedaannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardini, Shirlyshirlyaja8@gmail.comC06219028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSopwan, Novisopwan@uinsby.ac.id2021118402
Subjects: Astronomi
Hisab dan Rukyah
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Astronomi; zaman Klasik; Zaman Pertengahan; Zaman Modern; Hilal
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Shirly Ardini
Date Deposited: 04 Jan 2024 04:35
Last Modified: 04 Jan 2024 04:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67048

Actions (login required)

View Item View Item