Algoritma pemrograman awal waktu salat Nautical Almanak Pelayaran berbasis Aplikasi Android

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husna, Amirah Himayah (2023) Algoritma pemrograman awal waktu salat Nautical Almanak Pelayaran berbasis Aplikasi Android. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amirah Himayah Husna_C06219003 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Amirah Himayah Husna_C06219003 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penulisan dalam penyusunan skripsi ini, menggunakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Data primer yang penulis gunakan adalah buku panduan penentuan waktu salat di pelayaran karya Suryo Guritno dan software android studio. sedangkan data sekunder yang penulis gunakan adalah buku-buku ilmu falak yang membahas tentang perhitungan waktu salat dan android studio. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah metode dokumentasi (documentation). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan beberapa informasi pengetahuan, fakta dan data. Dari beberapa proses pengumpulan data tersebut analisis penelitian dan pembuatan program ini terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu: tahap pengumpulan data berupa konsep waktu salat dan konsep pemrograman android studio, tahap pemrograman waktu salat, dan tahap uji evaluasi dan uji verifikasi program waktu salat ilmu pelayaran. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa algoritma pemrograman awal waktu salat nautical almanak pelayaran berbasis aplikasi android secara garis besar dilakukan dengan beberapa tahapan, yakni: mengumpulkan data, analisis kebutuhan program waktu salat ilmu pelayaran, perancangan program waktu salat ilmu pelayaran, Implementasi program waktu salat ilmu pelayaran, pengujian program waktu salat ilmu pelayaran, meng-compile dan build program waktu salat ilmu pelayaran. program waktu salat ilmu pelayaran bisa dioperasikan pada smartphone android. Sedangkan hasil uji verifikasi program waktu salat ilmu pelayaran dengan beberapa metode lain menghasilkan beberapa kesimpulan bahwa program waktu salat ini adalah program yang kurang akurat karena terdapat selisih cukup signifikan dengan perhitungan metode lain, perlu dilakukan kajian ulang terhadap koreksi perhitungan waktu salat ilmu pelayaran agar mendapatkan hasil yang lebih presisi. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju, akan menantang ilmu falak untuk tetap eksis di masa depan. Maka diharapkan program ini dapat di upgrade mengikuti versi selanjutnya, baik kepada pembaca maupun kepada peneliti selanjutnya, sehingga dapat berjalan pada sistem operasi lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husna, Amirah Himayahalmirahhimaya23@gmail.comC06219003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Adiadidamanhuri@uinsby.ac.id0301118605
Subjects: Salat > Salat, Waktu
Falak
Keywords: algoritma pemrograman awal waktu salat nautical almanak pelayaran
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Amirah Himayah Husna
Date Deposited: 04 Jan 2024 06:04
Last Modified: 04 Jan 2024 06:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67049

Actions (login required)

View Item View Item