Efektivitas metode role playing dalam meningkatkan keterampilan muhadatsah materi Al Mihnah Di Kelas IV MINU Tropodo Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alifi, Muhammad (2023) Efektivitas metode role playing dalam meningkatkan keterampilan muhadatsah materi Al Mihnah Di Kelas IV MINU Tropodo Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Alifi_06040720097 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Alifi_06040720097 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 January 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya keterampilan berbicara yang dimiliki oleh peserta didik terutama dalam pembelajaran bahasa Arab. salah satunya pada pembelajaran bahasa Arab nilai kognitif yang didapatkan oleh peserta didik cukup bagus, namun sangat lemah pada keterampilan berbicaranya. Hal ini disebabkan peserta didik kurang dibiasakan dalam berbicara bahasa Arab sehingga peserta didik kurang percaya diri ketika berbicara. Selain itu pembelajaran yang dilakukan hanya cenderung pada ceramah, membaca bersama dan penugasan. Hal ini mendorong peneliti untuk menerapkan metode role playing dalam meningkatkan keterampilan muhadatsah metri al-mihnah kelas IV MINU Tropodo Waru Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan yaitu: 1). Mengetahui keterampilan muhadatsah materi al-mihnah di kelas IV MINU Tropodo Waru Sidoarjo sebelum dan sesudah penerapan metode role playing. 2). Mengetahui efektifitas metode role playing digunakan untuk meningkatkan kemampuan muhadatsah materi al-mihnah di kelas IV MINU Tropodo Waru Sidoarjo.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV MINU Tropodo Waru Sidoarjo, yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok eksperimen (IV B) menerima perlakuan dengan metode role playing, sedangkan kelompok kontrol (IV A) menerima pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes lisan. Sebelum perlakuan, dilakukan pretes, dan setelah perlakuan dilakukan post-tes untuk mengevaluasi peningkatan keterampilan muhadatsah peserta didik. Analisis data melibatkan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Pretest kelas eksperimen adalah 81,04, sementara kelas kontrol adalah 79,96. Sedangkan nilai rata-rata Posttest kelas eksperimen mencapai 87,30 dan kelas kontrol adalah 81,48. Perbedaan antara nilai rata-rata Pretest dan Posttest menunjukkan peningkatan setelah perlakuan. Hasil uji-t menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada skor nilai antara kelas kontrol (tanpa metode role playing) dan kelas eksperimen (dengan metode role playing) dalam mata pelajaran bahasa Arab, materi al-mihnah, untuk siswa kelas IV A dan IV B di MINU Tropodo Waru Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alifi, Muhammad06040720097@student.uinsby.ac.id06040720097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Kecakapan
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Metode Role Playing; Keterampilan Muhadatsah; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Alifi Alifi
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:55
Last Modified: 08 Jan 2024 06:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67051

Actions (login required)

View Item View Item