Perang Ajnadain: kepahlawanan Khalid bin Walid dalam Penaklukan Sham

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abidin, Achmad Zainal (2023) Perang Ajnadain: kepahlawanan Khalid bin Walid dalam Penaklukan Sham. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Zainal Abidin_03020220022.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Achmad Zainal Abidin_03020220022_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian Skripsi berjudul “Perang Ajnadain: Kepahlawanan Khalid bin Walid dalam penaklukan Sham” bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana latar belakang terjadinya Perang Ajnadain?. 2) Apa penanan Khalid bin Walid dalam Perang Ajnadain?. 3) Apa saja dampak Perang Ajnadain dalam penaklukan Sham?. Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan metode sejarah (historis), yaitu suatu langkah merekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif dengan cara mengumpulkan, mengkritik, dan menafsirkan data dalam rangka menegakkan fakta serta kesimpulan yang kuat. Dalam teori penelitian ini menggunakan teori Perang dari Karl von Clausewitz karena perang Ajnadain merupakan perang konsolidasi Romawi terhadap pasukan Muslimin dalam penaklukan Sham. Perang Ajnadain adalah pertempuran antara kaum Muslimin dengan Romawi yang terletak di daerah bernama Beit Guvrin hingga Ramallah, terjadi dimasa Khalifah Umar bin Khattab yang mencopot jabatan Khalid bin Walid sebagai Panglima Perang dan digantikan oleh Abu Ubaidah bin Jarrah. Setelah dicopot dari panglima Khalid bin Walid memberikan berbagai tindakan strategis dengan membagi pasukan dengan tugas yang terdefinisi dengan jelas. Setelah kemenangan kaum Muslimin dalam Perang Ajnadain memberi dampak pada penyebaran Islam di Sham dengan takluknya Damaskus di bawah Abu Ubaidah yang memimpin pasukan di Gerbang Al-Jabiyah, berlanjut menuju Baitul Muqaddas atas respon Khalifah Umar bin Khattab berhasil menaklukan Baitul Muqaddas dengan perjanjian damai antara Khalifah Umar bin Khattab dan Uskup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abidin, Achmad Zainalz.menk.official@gmail.com03020220022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, Moh.ridwanabubakar59@gmail.com2017075901
Thesis advisorSantosa, Nyong Eka Teguh Imannyongeka@uinsby.ac.id2022127603
Subjects: Perang Dunia
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Perang Ajnadain; Khalid bin Walid; penaklukan Sham
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Achmad Zainal Abidin
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:36
Last Modified: 05 Feb 2024 01:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67061

Actions (login required)

View Item View Item