Konstruksi Hiperealitas dalam Fan Fiction Azzamine karya Jupiww : kajian Postmodernisme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alma'rifah, Adinda Shofwatillah (2023) Konstruksi Hiperealitas dalam Fan Fiction Azzamine karya Jupiww : kajian Postmodernisme. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adinda Shofwatillah Almarifah_A94219041.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Adinda Shofwatillah Almarifah_A94219041_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Fan fiction (fiksi penggemar) merupakan salah satu bagian dari sebuah karya sastra siber yang ditulis oleh penulis nonprofessional. Kini juga memiliki berbagai jenis yang salah satunya adalah fan fiction Alternate Universe (fan fiction AU). Fan fiction AU umumnya berbentuk percakapan tokoh dalam aplikasi pesan teks, ujaran dalam media sosial, dan narasi. Salah satu yang mendapat cukup perhatian adalah fan fiction AU Azzamine karya Jupiww. Demam Azzam dikalangan para penggemar NCT menunjukkan kepopulerannya. Kondisi para pembaca yang tergila-gila terhadap tokoh tersebut mencerminkan sebuah fenomena hiperealitas dikalangan para penggemar dan pembaca fan fiction tersebut. Fan fiction AU Azzamine yang diunggah oleh pengguna akun @jupiww tersebut digunakan sebagai sumber data dalam penelitian ini, teori yang digunakan yaitu teori hiperealitas yang digagas oleh Jean Baudrillard. Selanjutnya akan dijelaskan dalam metode deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 17 data yang membangun sebuah hiperealitas dalam fan fiction AU Azzamine. Dari ketujuh belas data tersebut diklasifikasikan sebagai; 1). Realitas palsu fan fiction AU Azzamine identik dengan realitas sesungguhnya, 2). Karakterisasi tokoh yang palsu hadir dalam fan fiction AU Azzamine, 3). Karakterisasi tokoh terlihat sangat nyata, dan 4). Fan fiction AU Azzamine menjadi sebuah simulakrum murni. Kemudian ditemukan juga 5 data yang menunjukkan para pembaca tak bisa membedakan realitas yang sesungguhnya dengan realitas dalam fan fiction AU Azzamine.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alma'rifah, Adinda Shofwatillahadindashofwatillah.41@gmail.comA94219041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMufid, Nurnurmufid@uinsby.ac.id2020066401
Thesis advisorIndriyani, Jiphie Giliajiphiegilia@uinsby.ac.id2016018802
Subjects: Sastra
Keywords: Hiperealitas; Fan Fiction AU, AU Azzamine
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Adinda Shofwatillah Alma'rifah
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:18
Last Modified: 05 Feb 2024 01:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67076

Actions (login required)

View Item View Item