Pengamalan ajaran aswaja KH. Hasyim Asyari di kalangan IPNU-IPPNU Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya: analisis fenomenologi Edmund Husserl

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Affandi, Achmad Charis (2023) Pengamalan ajaran aswaja KH. Hasyim Asyari di kalangan IPNU-IPPNU Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya: analisis fenomenologi Edmund Husserl. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Charis Affandi_07010120001.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Achmad Charis Affandi_07010120001_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal atas adanya fenomena pengamalan ajaran aswaja yang dilakukan oleh IPNU-IPPNU UINSA. Fenemona tersebut dianggap sebagai menjaga tradisi ajaran aswaja yang telah diajarkan oleh Kh. Hasyim Asy’ari seperti tahlilan, yasinan, diba’an dan ziarah kubur. Yang mana pelestarian ajaran tersebut harus terus dilakukan oleh kalangan mahasiswa untuk membentengi dirinya dari ajaran yang menyimpang dan radikal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetaahui dan memahami tentang paham ajaran aswaja yang diajarkan oleh KH. Hasyim Asy’ari menurut IPNU-IPPNU UINSA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber, melalui anggota IPNU-IPPNU UINSA dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisa yang digunakan untuk mengkaji objek material dalam penelitian ini menggunakan fenemenologinya Edmund Husserl. Hasil dari penelitian ini adalah kesadaran atas anggota IPNU-IPPNU UINSA dengan inginnya dianggap santri NU, santrinya KH Hasyim Asy’ari yang terus melestarikan ajarannya dengan adanya IPNU-IPPNU UINSA sebagai organisasi sosio kultural religius, dengan berbagai motif dari para anggotanya yang mengantarkan pada kesadaran tersebut ditunjukkan dengan perilakunya sehari-hari yang menghasilkan penghayatan. Seperti dengan adanya kesadaran akan pentingnya relasi dan tambahan ilmu agama yang santun yang ada di media sosial menjadi hal pengaruhnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Affandi, Achmad Chariskharisahmad36@gmail.com07010120001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlhadi, NIkmal Anas----
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Keywords: Aswaja; IPNU-IPPNU UINSA; fenomenologi Edmund Husserl
Depositing User: Haris Affandi
Date Deposited: 05 Jan 2024 01:01
Last Modified: 05 Jan 2024 01:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67077

Actions (login required)

View Item View Item