Pengawasan pembangunan infrastruktur berdasarkan permendagri nomor 130 tahun 2018 perspektif fiqh siyasah: studi kasus Kelurahan Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kharisma, Amanda Dwi (2024) Pengawasan pembangunan infrastruktur berdasarkan permendagri nomor 130 tahun 2018 perspektif fiqh siyasah: studi kasus Kelurahan Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amanda Dwi Kharisma_05020420024 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 January 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Amanda Dwi Kharisma_05020420024.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi Permendagri Nomor 130 Tahun 2018 dalam pembangunan sarana dan prasarana di Kelurahan Blimbing, Kabupaten Lamongan. Kendala utama terjadi pada fokus perbaikan jalan yang mengabaikan kebutuhan masyarakat, terutama drainase. Kelurahan menghadapi masalah kerusakan jalan yang berulang dan drainase yang tersumbat, menyebabkan banjir musiman. Evaluasi hambatan dilakukan dengan menggunakan kerangka konsep Fiqh Siyasah sebagai dasar hukum. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan untuk meningkatkan pengawasan dan implementasi pembangunan infrastruktur secara berkelanjutan di tingkat kelurahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris dengan Teknik pengumpulan data melalui hasil observasi, wawancara, dokumentasi (data) untuk membahas permasalahan dengan menggunakan kaidah hukum dan kajian literatur yang terkait dengan topik pembahasan. Data yang diperoleh kemudian di resduksi kemudian di sajikan dengan deskriptif analisis dengan Permendagri Nomor 130 Tahun 2018 dan dari pandangan Fiqh Siyasah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pengawasan pembangunan infrastruktur di kelurahan Blimbing belum terlaksana dengan optimal sebagaimana yang di atur dalam Permendagri Nomor 130 Tahun 2018, adapun faktor-faktor yang menjadi penghambat antara lain aturan hukum yang tidak memadai, kurangnya pengawasan dari kecamatan, tidak adanya Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK), dan kurangnya kesadaran masyarakat. Sedangkan dari perspektif Fiqh Siyasah, penelitian ini fokus pada bidang Fiqh Siyasah Tanfidziyyah yang merujuk pada konsep ulil al-amri oleh seorang Ulil amri. Dalam penelitian ini yang disebut Ulil amri adalah Kepala Kecamatan Paciran dan Kepala Kelurahan Blimbing. Beliau merupakan pemerintah daerah kabupaten lamongan yang melaksanakan tugas dan kewajibannya yaitu melaksanakan pengawasan pembangunan infrastruktur sesuai dengan Permendagri Nomor 130 Tahun 2018. Sebagai Ulil amri, lembaga ini dalam menjalankan tugasnya harus mampu menerapkan prinsip-prinsip utama yaitu prinsip tanggung jawab, prinsip keadilan, dan prinsip amanah dalam struktur pemerintahannya. Selain itu, apabila terdapat permasalahan terhadap jalannya program ini maka harus melakukan adanya musyawarah. Hal ini berlandaskan Al-Quran dan As-sunnah demi kemaslahatan masyarakat Kelurahan Blimbing. Berdasarkan hasil penelitian yang dijelaskan diatas, penulis berharap agar pemerintahan kelurahan Blimbing lebih meningkatkan perhatian terhadap partisipasi masyarakat, menggali potensi serta aspirasi mereka dalam setiap tahap perencanaan pembangunan kelurahan. Dengan begitu, pelaksanaan pengawasan pembangunan infrstruktur di wilayah kelurahan Blimbing dapat mencerminkan kebutuhan dan harapan masyarakat secara lebih akurat, serta menerapkan prinsip tanggung jawab, adil serta Amanah sesuai persepektif Fiqh Siyasah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kharisma, Amanda Dwimazidaamanda@gmail.com05020420024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSafiudin R, Achmadsafiudin@uinsby.ac.id2029129203
Subjects: Fasilitas Umum
Hukum Islam
Keywords: Pembangunan infrastruktur; permendagri nomor 130 tahun 2018; perspektif fiqh siyasah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Amanda Dwi Kharisma Amanda
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:38
Last Modified: 05 Jan 2024 03:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67089

Actions (login required)

View Item View Item