Tinjauan kriminologi dan hukum Islam terhadap perkelahian antara perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate dan Pagar Nusa: studi kasus di kecamatan kedungwaru kabupaten tulungagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Syahdila Nur (2023) Tinjauan kriminologi dan hukum Islam terhadap perkelahian antara perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate dan Pagar Nusa: studi kasus di kecamatan kedungwaru kabupaten tulungagung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syahdila Nur Rahmawati_05010320023.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Syahdila Nur Rahmawati_05010320023_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Tindakan perkelahian yang dilakukan oleh para pesilat banyak diberitakan di media. Perkelahian antar perguruan silat ini dinilai akan memberikan citra yang negatif dan menimbulkan masyarakat merasa terganggu dan ketakutan akan perkelahian tersebut. Berdasarkan data dari Polres Tulungagung, terhitung sejak awal tahun 2023 di Tulungagung terjadi peningkatan terjadinya perkelahian antar perguruan silat. Suatu hal yang terjadi tentu ada sebab atau faktor yang membelakanginya. Begitupun perkelahian yang terjadi antara perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate dan Pagar Nusa di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Skripsi ini menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah: bagaimana tinjauan kriminologi terhadap perkelahian antara perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate dan Pagar Nusa di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung; dan tinjauan hukum Islam terhadap perkelahian antara perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate dan Pagar Nusa di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Penulisan ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris dengan teknik analisa data kualitatif dengan pola pemikiram dedukitf. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dari lapangan (field research) dan studi kepustakaan (library research) yang berkaitan dengan perkelahian antara perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate dan Pagar Nusa. Fokus penelitian ini memilih lokasi di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian ini memperoleh beberapa poin penting. Pertama, tinjauan kriminologi terhadap pelaku perkelahian para anggota perguruan silat sejalan dengan teori Kontrol Sosial dalam ilmu kriminologi. Kedua, tinjauan hukum Islam terhadap pelaku perkelahian para anggota perguruan silat sejalan dengan pemikiran ilmuwan sosiolog muslim yaitu Ibn Khaldun, beliau memberikan pernyataan bahwa “manusia secara fitrahnya adalah baik, sehingga saat dia menjadi individu yang jahat maka disebabkan karena faktor luar.” Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan: Pertama, untuk instansi pemerintah Kabupaten Tulungagung membuat Perda terkait perguruan silat karena di Tulungagung sendiri belum terdapat Perda terkait hal tersebut. Kedua, bagi peneliti selanjutnya dapat menjadikan skripsi ini sebagai bahan pengembangan rumusan penelitian selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Syahdila Nurrahmawatisyahdila@gmail.com05010320023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUbaidillah, M. Hasanubaidillah.mhasan@uinsaby.ac.id2005117901
Subjects: Hukum Islam
Kriminologi
Keywords: Perkelahian; perguruan silat; Persaudaraan Setia Hati Terate; Pagar Nusa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Syahdila Nur Rahmawati
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:31
Last Modified: 05 Feb 2024 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67090

Actions (login required)

View Item View Item