Peran generasi muda terhadap pembangunan pertanian untuk menjaga ketahanan pangan Desa Kadungrembug Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiani, Salsa Yuli (2023) Peran generasi muda terhadap pembangunan pertanian untuk menjaga ketahanan pangan Desa Kadungrembug Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salsa Yuli Setiani_G91219097.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Salsa Yuli Setiani_G91219097_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Generasi Muda Terhadap Pembangunan Pertanian Untuk Menjaga Ketahanan Pangan Desa Kadungrembug Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan” bertujuan untuk memberi jawaban pertanyaan mengenai bagaimana pentingnya peran yang dilakukan oleh generasi muda terhadap pembangunan pertanian Desa Kadungrembug untuk menjaga ketahanan pangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi generasi muda enggan untuk berkontribusi di bidang pertanian. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tahapan observasi, wawancara serta dokumentasi dan arsip. Data wawancara dalam penelitian ini diperoleh dari penduduk desa Kadungrembug yang berusia 16-30 tahun yang bekerja sebagai petani dan non petani serta pemerintah desa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembangunan pertanian Desa Kadungrembug belum bisa dikatakan berhasil, meskipun sudah banyak teknologi canggih untuk mengelola sawah namun kesejahteraan petani masih belum dirasakan oleh petani Desa Kadungrembug. Peran yang dilakukan oleh generasi muda terhadap pertanian Desa Kadungrembug belum maksimal karena minimnya generasi muda yang sadar akan pentingnya mencintai produk dalam negeri. Seharusnya para generasi muda harus siap dan mau untuk bersaing lebih kreatif supaya pembangunan pertanian desa Kadungrembug mampu bersaing dengan daerah lain. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi generasi muda enggan untuk bekerja di bidang pertanian yaitu faktor internal yang berasal dari individu itu sendiri dan faktor eksternal yang berasal dari luar individu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiani, Salsa Yulisalsayuli123@gmail.comG91219097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@uinsby.ac.id201603311
Subjects: Ekonomi
Ekonomi > Ekonomi Pertanian
Pembangunan > Pembangunan Desa
Keywords: Generasi muda; pembangunan pertanian; ketahanan pangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Salsa Yuli Setiani
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:42
Last Modified: 05 Feb 2024 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67093

Actions (login required)

View Item View Item