Analisis hukum ekonomi syariah dan hukum positif terhadap virtual land renting pada platform metaverse

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pangestu, Zakaria Adjie (2023) Analisis hukum ekonomi syariah dan hukum positif terhadap virtual land renting pada platform metaverse. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zakaria Adjie Pangestu_05020220081.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Zakaria Adjie Pangestu_05020220081_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 January 2027.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian skripsi dengan judul “Analisis Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Positif Terhadap Virtual Land Renting Pada Platform Metaverse adalah hasil dari penelitian kepustakaan yang dilakukan untuk menjawab permasalahan bagaimana praktik sewa menyewa tanah virtual pada platform metaverse dan analisis berdasarkan hukum ekonomi syariah dan hukum positif. Jenis metode yang digunakan adalah normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan teknik kepustakaan dan dokumentasi. Setelah dikumpulkan, data-data tersebut diolah dan dinarasikan menjadi suatu susunan deskriptif dengan pola pikir induktif, yakni mengambil pernyataan yang bersifat khusus lalu ditarik menjadi sebuah kesimpulan yang bersifat umum. Penelitian ini menghasilkan analisa bahwa praktik virtual land renting atau bisa juga disebut dengan sewa-menyewa tanah virtual dapat dilakukan dengan cara masuk ke dalam platform metaverse, registrasi, peninjauan tanah, penentuan jangka waktu, konfirmasi dan pembayaran. Kedua, praktik virtual land renting apabila ditinjau dari perspektif hukum ekonomi syariah dengan menggunakan teori ijarah dinilai sebagai akad fasad karena meskipun ia telah terpenuhi syarat dan rukunnya. Sedangkan tinjauan hukum perdata menyatakan bahwa praktik sewa tanah virtual melanggar ketentuan undang-undang sehingga tidak memenuhi syarat objektif dalam syarat sahnya perjanjian. Dengan demikian perjanjian dianggap tidak sah dan batal demi hukum. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka sebagai saran bagi para akademisi selanjutnya agar mengkaji transaksi sewa menyewa tanah virtual dengan perspektif yang lebih luas, seperti penyelesaian sengketa dan perlindungan konsumen bagi pihak penyewa. Dan bagi masyarakat agar bertransaksi sesuai dengan prinsip-prinsip syariat demi menghindari unsur-unsur yang dilarang oleh syariat demi terjaganya esensi dari bermuamalah dalam syariat islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pangestu, Zakaria Adjieadjiepangestu.zap@gmail.com05020220081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHabibi, Miftakhur Rokhmanmiftakhurrokhman@gmail.com2016128801
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam > Ijarah
Hukum > Hukum Perdata
Keywords: Hukum ekonomi syariah; hukum positif; virtual land renting; platform metaverse
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Zakaria Zakaria Adjie Pangestu
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:37
Last Modified: 05 Feb 2024 03:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67098

Actions (login required)

View Item View Item