Tanaman jeruju (Acanthus Illicifolius) sebagai hiperakumulator logam tembaga (CU) di kawasan Mangrove Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Adelia (2023) Tanaman jeruju (Acanthus Illicifolius) sebagai hiperakumulator logam tembaga (CU) di kawasan Mangrove Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adelia Wulandari_09020120021 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 January 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Adelia Wulandari_09020120021 OK.pdf

Download (800kB)

Abstract

Ekosistem perairan mangrove Surabaya terancam dengan peningkatan pencemar, hal tersebut dipicu oleh banyaknya limbah yang tercemar oleh logam berat dari hasil aktivitas manusia, baik limbah rumah tangga maupun limbah industri seperti logam Cu. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pencemaran air yakni dengan fitoremediasi. Salah satu tanaman mangrove yang berpotensi sebagai agen fitoremediasi ialah tanaman jeruju. Penelitian ini bertujuan untuk pemantauan kadar logam berat Cu pada badan air dan tumbuhan jeruju serta mengetahui hubungan antara kandungan logam berat Cu pada badan air terhadap tumbuhan jeruju di perairan mangrove Surabaya. Metode yang digunakan adalah exploratif dengan pengambilan sampel air dan tumbuhan jeruju, pengukuran parameter lingkungan dan pengujian kandungan logam berat dengan mengunakan AAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar logam berat Cu pada air tergolong rendah rendah yakni berkisar 0,001 ppm sampai tidak terdeteksi, sedangkan pada tanaman jeruju memiliki kadar Cu yang lebih tinggi yakni 3,16 ppm sebagai kadar tertinggi sampai tidak terdeteksi. Kadar Cu pada air dan tanaman memiliki korelasi atau hubungan, yakni kadar Cu yang rendah pada air diasumsikan bahwa logam berat Cu tersebut telah diserap dan diakumulasi oleh tanaman, sehingga tanaman jeruju dapat dijadikan sebagai tanaman hiperakumulator logam berat Cu. Selain itu, adanya paparan logam Cu pada tiap konsentrasi memiliki pengaruh perubahan morfologi daun pada kadar logam Cu yang tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Adeliaadeliaw05@gmail.com09020120021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id2030088901
Thesis advisorHadi, Irfanm_i_h@uinsby.ac.id0824048601
Subjects: Biologi
Lingkungan Hidup
Keywords: Hiperakumulator; Mangrove Surabaya; Jeruju (Acanthus illicifolius); Logam berat; Tembaga (Cu)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Adelia Wulandari
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:19
Last Modified: 11 Jan 2024 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67099

Actions (login required)

View Item View Item