Kontekstualisasi hak dasar penyandang disabilitas perspektif Tafsir Al Qur’an Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ekaputra, Muhammad Iqbal Wi'an (2023) Kontekstualisasi hak dasar penyandang disabilitas perspektif Tafsir Al Qur’an Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan AmpelSurabaya.

[img] Text
Muhammad Iqbal Wi'an Ekaputra_07030320105 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Iqbal Wi'an Ekaputra_07030320105 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena sosial ditengah masyarakat yang memperlakukan penyandang disabilitas berbeda dengan individu pada umumnya. Fenomena tersebut akhirnya menempatkan penyandang disabilitas memiliki strata sosial yang rendah yang dibarengi dengan keadaan sarana publik yang tidak ramah bagi mereka. Padahal, Al-Qur’an telah mengakui keberadaan dan eksistensi mereka serta memberikan norma dasar mengenai pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas. Masalah yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah 1) bagaimana hak-hak penyandang disabilitas perspektif tafsir Indonesia 2) Bagaimana implementasi hak-hak dasar penyandang disabilitas di Indonesia. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode book survey. Metode book survey adalah metode kepustakaan yang berusaha untuk mengumpulkan berbagai buku dan literatur yang berkaitan dengan tema yang sedang diteliti. Metode ini akan memudahkan peneliti untuk memperoleh gambaran yang utuh terhadap masalah yang sedang diteliti. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa hak dasar penyandang disabilitas di dalam Al-Qur’an meliputi peniadaan stigma negatiF dan tindakan diskriminasi (Qs. Al-‘Imrān/3: 49 dan Qs. Al-Maidah/5:110), kesetaraan sosial dan ekonomi (Qs. AnNūr/24:1), Keringanan dalam Partisipasi Sosial dan Kegiatan Keagamaan (Qs. Al-Fatḥ/48:17), dan aksesibilitas pelayanan publik (Qs. Abasa/80:1-4). Penerapan hak dasar penyandang disabilitas tersebut tercermin dalam UU No. 8 Tahun 2016 yaitu Pasal 26 (kebebasan bergaul dengan masyarakat tanpa rasa takut dan diskriminasi), Pasal 2 (pemenuhan hak disabilitas didasari oleh unsur kesamaan), Pasal 31 Ayat 1 (Setiap warga negara berhak memperoleh mutu Pendidikan yang tinggi), dan Pasal 19 (hak pelayanan public yang optimal dan memudahkan mobilisasi).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ekaputra, Muhammad Iqbal Wi'anputrawian12@gmail.com07030320105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com--
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Budaya
Keywords: Disability; Tafsir Indonesia
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad iqbal Wi'an Ekaputra
Date Deposited: 10 Jan 2024 05:40
Last Modified: 10 Jan 2024 05:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67118

Actions (login required)

View Item View Item