Ziarah kubur pada bangunan makam imajiner perspektif Habib Hasan bin Ismail al Mudhor: studi kritik dengan pendekatan hadis tematik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rabbani, Aulia Shabrina (2024) Ziarah kubur pada bangunan makam imajiner perspektif Habib Hasan bin Ismail al Mudhor: studi kritik dengan pendekatan hadis tematik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Shabrina Rabbani_07020520035.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Aulia Shabrina Rabbani_07020520035 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Salah satu fenomena yang terjadi baru-baru ini ialah penemuan makam-makam habib/wali palsu. Dimana makam-makam tersebut sebenarnya tidak ada jenazah yang dikuburkan di sana, melainkan hanyalah bangunan yang berbentuk seperti makam. Fenomena pembangunan makam imajiner ini ternyata tidak semata tanpa ada landasan. Di sebuah kanal YouTube bernama “Ahbaabul Musthofa Channel” telah mengunggah sebuah video tanya jawab bersama Habib Hasan bin Ismail al-Mudhor. Dimana dalam video tersebut Habib Hasan memperbolehkan membangun sebuah bangunan seperti makam, yang tidak ada jenazahnya. Lalu setelah makam itu dibangun, akan dihadirkan ruh wali tersebut, sehingga bisa berziarah kubur kesana. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research. Penelitian ini menggunakan pendekatan hadis tematik yakni menghimpun hadis-hadis yang setema terkait permasalahan yang dibahas lalu memaparkan syarah dari hadis-hadis tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berziarah kubur pada bangunan makam imajiner ini merupakan hal yang dilarang. Tidak ditemukan riwayat yang mensyari’atkan amalan tersebut. Terdapat empat tema hadis yang dipaparkan dalam penelitian ini, semuanya bertentangan dengan konsep ziarah kubur pada bangunan makam imajiner yang disampaikan oleh Habib Hasan bin Ismail al-Mudhor. Mulai dari pelarangan membangun bangunan di atas makam, do’a dan salam tidak harus di depan makam, ruh merupakan urusan Allah, serta ruh orang mukmin berada di surga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rabbani, Aulia Shabrinaauliashabrin4@gmail.com07020520035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlmiyah, Dakhirotuldakhirotulilmiyah74@gmail.com2007027401
Subjects: Agama
Bid'ah
Hadis
Ziarah Kubur
Keywords: Ziarah kubur; Makam Imajiner; Hadis Tematik; Habib Hasan bin Ismail al Mudhor
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Aulia Shabrina Rabbani
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:42
Last Modified: 15 Jan 2024 20:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67130

Actions (login required)

View Item View Item