Ekologi Kristen perspektif dan aktivisme GKJW Rungkut Surabaya dalam menangani krisis lingkungan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Araminta, Rindiani (2023) Ekologi Kristen perspektif dan aktivisme GKJW Rungkut Surabaya dalam menangani krisis lingkungan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rindiani Araminta_07020220041 OK.pdf

Download (733kB)
[img] Text
Rindiani Araminta_07020220041 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 January 2027.

Download (1MB)

Abstract

Krisis lingkungan merupakan hal yang sangat merugikan. Krisis lingkungan terjadi karena tangan manusia, misalnya contoh membakar hutan, membuang sampah sembarangan, membuang limbah sembarangan, menebang pohon sembarangan, dan melakukan eksploitasi lahan secara besar-besaran. Namun, tidak hanya itu saja krisis lingkungan ini juga bisa terjadi karena faktor alam itu sendiri, misalnya banjir, tanah longsor. Banyak pihak yang kurang peduli terhadap perbaikan alam setelah dimanfaatkan untuk kepentingan sendiri, dan akhirnya merusak lingkungan alam yang telah diciptakan oleh Tuhan. Seiring dengan pertumbuhan industrialisasi, meningkatnya kebutuhan manusia, hal ini menyebabkan terganggunya unsur alam dan menimbulkan ketidakseimbangan ekologi. GKJW merupakan gereja yang berbasis jawa dan lebih menekankan tradisi keagamaaan, maka dari itu peneliti ingin meneliti perspektif dan aktivisme GKJW Rungkut dalam mengatasi masalah krisis lingkungan yang ada. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab dua rumusan masalah yang telah ditentukan oleh penulis. Pertama, membahas tentang bagaimana perspektif GKJW Rungkut Surabaya terhadap krisis lingkungan. Kedua, membahas tentang langkah-langkah apa yang telah GKJW Rungkut Surabaya lakukan untuk mengatasi krisis lingkungan, dianalisis menggunakan teori yang digagas oleh Bill McKibben yakni penyadaran lingkungan dan keterlibatan agama. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi untuk mencari data melalui wawancara dan observasi di lokasi, Skripsi ini menemukan poin-poin penting dari kegiatan GKJW Rungkut Surabaya dalam mengatasi krisis lingkungan. Antara lain, Berkolaborasi dengan komunitas lingkungan yang ada di Surabaya, berkolaborasi dengan komunitas pecinta lingkungan dari GKJW yang lain, menyiarkan sabda-sabda Tuhan tentang pentingnya menjaga ligkungan hidup dalam bentuk khutbah ketika beribadah, dan melakukan reboisasi di sekitar gereja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Araminta, Rindianirindianiaraminta@gmail.com07020220041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsa.ac.id197708092009121001
Subjects: Ekologi
Keywords: Agama; Krisis Lingkungan; Ekologi; GKJW Rungkut Surabaya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: rindiani araminta
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:35
Last Modified: 08 Jan 2024 06:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67135

Actions (login required)

View Item View Item